Babinsa Desa Laantula Jaya Lakukan Pompanisasi Sawah Akibat Kemarau Panjang

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Babinsa Desa Laantula Jaya,Kecamatan Witaponda, Kabupaten Morowali Pelda Yonny Wungow, berkolaborasi dengan Pok Tani Mekar Sari dalam upaya mengatasi masalah kekeringan sawah akibat kemarau panjang. Pertemuan berlangsung di lokasi persawahan Desa Laantula Jaya, Kecamatan Wita Ponda, Kabupaten Morowali.

Kekeringan sawah telah menjadi masalah serius di daerah ini akibat kemarau yang panjang. Dalam pertemuan tersebut, Pelda Yonny Wungow turut hadir untuk membantu mencari solusi yang efektif.

Salah satu langkah yang diambil adalah rencana melakukan pompanisasi air dari sungai yang masih memiliki pasokan air, untuk mengairi sawah yang mengalami kekeringan. Namun, kendala yang dihadapi adalah kesulitan dalam mendapatkan BBM subsidi jenis solar untuk mengoperasikan mesin pompa air. Harga BBM subsidi jenis solar di pengecer juga terlalu mahal.

Pelda Yonny Wungow, anggota Koramil 1311-01/Bungku Tengah, mengusulkan penggunaan Barcode/Aplikasi My Pertamina untuk mendapatkan BBM subsidi jenis solar. Aplikasi ini memungkinkan pengisian hanya sekali dalam seminggu, pada hari Selasa, sehingga perlu perencanaan yang matang untuk memastikan kebutuhan solar dalam satu minggu kedepan dapat terpenuhi.

- Advertisement -

Dalam upaya mendukung pengambilan BBM subsidi jenis solar, Babinsa siap mengawal dan mendampingi petani saat pengisian di SPBU Emea. Hal ini penting karena stok BBM subsidi jenis solar masih terbatas, sementara permintaan tinggi baik dari petani maupun nelayan.

Kehadiran Babinsa dan kerjasama dengan Petani menjadi motivasi dan inspirasi bagi masyarakat petani. Selain itu, ini juga memfasilitasi mereka untuk mendapatkan BBM subsidi jenis solar yang sangat diperlukan dalam kegiatan pompanisasi air, seperti yang diungkapkan oleh Rony Ahmad Muhlisin (PPL) Desa Laantula Jaya.

Semoga kerjasama ini berhasil mengatasi masalah kekeringan sawah dan mendukung pertanian di Desa Laantula Jaya. Dengan kerja keras bersama, kita dapat mencapai hasil yang lebih baik. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini