Forum Komunikasi Jurnalis Morut Terbentuk

0

POSONEWS.ID – Forum komunikasi jurnalis (FKJ) Kabupaten Morowali Utara terbentuk. Pelaksanaan Deklarasi.bertempat di Cafe Magasi belakang kantor Bupati Morowali Utara Kolonodale, Sabtu (21/10/2022).

Bupati Morowali Utara Delis J.Hehi dalam sambutanya sangat mengapresiasi seraya mengucapkan terima kasih kepada Forum Komunikasi Jurnalis (FKJ) yang sudah mengundangnya dan sekaligus turut ikut dalam acara menyaksikan deklarasi FKJ.

“Ini suatu kehormatan buat saya dapat turut hadir di acara yang berbahagia ini dan semoga kedepannya Forum Komunikasi Jurnalis Morut lebih maju lagi dan menyampaikan pemberitaannya pun dapat bermanfaat buat semua warga masyarakat kabupaten Morowali utara,” ujar Delis.

Delis menambahkan, semoga kehadiran FKJ diharapkan bisa memberikan sumbangsih yang terbaik di setiap kegiatan pemerintah Kabupaten Morowali Utara dan harus memberikan koreksi dan masukan kepada pemerintah.

“Kami pemerintah tidak anti kritik asalkan yang sifatnya positif agar lebih baik lagi kedepannya demi menuju mayarakat kabupaten Morowali Utara Yang sehat, cerdas dan sejahterah,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua FKJ Morowali Utara, Rolex Malaha mengatakan, sebagai bentuk kepedulian jurnalis terhadap upaya peningkatan profesionalisme serta komitmen mendukung pembangunan kabupaten Morowali Utara yang sehat cerdas dan sejatrah.

“Berdasarkan fungsi jurnalis maka itulah yang melatar belakangi kami untuk melaksanakan deklarasi ini. Sebab profesi wartawan adalah profesi yang sangat strategis. Sebab peran wartawan dalam menjawab kebutuhan informasi telah banyak diperhitungkan diberbagai kalangan elemen masyarakat luas terutama dalam mensukseskan pembangunan di Bumi Tepo Asa Aroa ini,” tandas Rolex Malaha selaku Ketua FKJ morut yang juga sebagai Ahli pers PWI ini.

Lanjutnya, Sebagai insan pers, wartawan itu dilihat dari karya tulisnya. Karya tulisan itulah yang bisa memposisikan profesi wartawan dibutuhkan di masyarakat.

Menurutnya, tugas wartawan itu adalah mencari informasi untuk dijadikan bahan berita untuk disebarkan ke publik secara positif.

“Informasi yang ditulis wartawan tentunya harus dilandasi kaidah kode etik, yakni sesuai fakta yang ada,” tambahnya.

Rolex menuturkan banyak hal yang perlu dikabarkan atau di informasikan seperti pembangunan, pelayanan publik, informasi tentang kinerja pemerintahan dan penyampaian kabar lainya yang bermanfaat untuk dikosumsi oleh publik.

“Itu adalah bagian yang harus diketahui oleh masyarakat. Sehingga masyarakat pun akan turut melakukan kontrol terhadap kinerja pemerintahan. Dan wartawanlah yang menyiarkan informasi itu,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Rolex, kehadiran Forum Komunikasi Jurnalis (FKJ) Morowali Utara, ingin kiranya membangun wadah kebersamaan dengan tujuan kekompakan dan saling sharing dalam melakukan tugas-tugas jurnalistik, yang bisa dijadikan sebuah acuan sumber informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Dalam wadah inipun, kami kedepannya secara berjenjang ingin membangun rutinitas diskusi pencerahan diantara kami. Yakni diskusi publik, pematangan keilmuan jurnalistik, pengkajian terhadap persoalan sosial dan diskusi yang berhubungan dengan isu terpopuler, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Morowali Utara ini,” tambahnya.

”Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan rekan dan pihak yang turut membantu atas sukseskan acara ini,”vpungkas Rolex.

Acara deklarasi FKJ ini dihadiri langsung oleh Bupati Morowali Utara dr Delis Julkarson Hehi, Kacabjari Kolonodale, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga, rekan-rekan pers dari berbagai media cetak dan elektronik serta para tamu undangan lainnya.

Acara ini dirangkaikan dengan pengumuman hasil juara lomba menulis tentang memviralkan potensi wisata Teluk Tomori Kabupaten Morowali Utara, yang dibuat oleh Dinas Pariwisata yang bertepatan dengan ulang tahun kabupaten Morowali Utara yang ke-9 tahun pada tangal 23 okt 2022, dengan mengumumkan para pemenang lomba, yang mengikuti lomba karya tulis jurnalistik, dengan tema ‘ Mari Viralkan Potensi Objek Wisata di Morut’ yang disponsori langsung oleh Manajemen PT Astra Agro Lestari ( AAL) Tbk Jakarta. CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here