Ciptakan Situasi Kondusif, Polres Poso Hadir Saat Eksekusi Lahan di Lembomawo

0
73
Suasana eksekusi lahan yang berada di Kel Lembomawo Kec Poso Kota Selatan Kab Poso (Foto:Ist)

POSONEWS.ID – Kepolisian Resor (Polres) Poso melakukan pengamanan guna menciptakan situasi yang kondusif, saat eksekusi lahan di Kelurahan Lembomawo, Kecamatan Poso Kota Selatan, Kabupaten Poso, Sulteng, Senin (12/9/2022).

Berdasarkan surat perkara perdata No.41/Pdt/G/2019/PN/Pso, Jo putusan PT. Palu No.79/PDT/2018/PT.PAL, lahan milik saudari Meri (tergugat) di menangkan Suryanto Sutrisno (penggugat) oleh Pengadilan Negeri (PN) Poso Klas IIB.

Isi surat itu juga memerintahkan kepada Panitera PN Poso atau jika berhalangan diganti oleh wakilnya yang sah, disertai oleh kedua orang saksi yang memenuhi syarat-syarat yang termuat dalam pasal 197 HIR/209 RBG, untuk melaksanakan putusan PN Poso tanggal 25 September 2019 Nomor: 41/Pdt.G/2019/PN/Pso, Jo Putusan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah tertanggal 11 Desember 2019 Nomor: 79/PDT/2018/PT PAL.

“Yaitu, menghukum kepada tergugat untuk mengosongkan bidang tanah agar dikembalikan kepada penggugat. Serta membongkar bangunan yang terletak di atas objek sengketa perkara dengan luas tanah 797 m² dan selanjutnya menyerahkan kepada pemohon eksekusi jika perlu dengan bantuan Polisi,” jelas isi surat tersebut.

Dari hasil laporan Humas Polres Poso kepada media ini, bahwa pelaksanaan eksekusi lahan tersebut berjalan aman dan lancar. Serta, tidak ada perlawanan dari pihak tergugat maupun aksi-aksi yang menghalangi proses eksekusi.

“Pihak tergugat serta keluarga menerima sepenuhnya keputusan PN Poso, dalam hal ini yang telah dimenangkan penggugat,” terang Humas Polres Poso.

Adapun hadir dalam pembacaan eksekusi lahan tersebut, Waka Polres Poso Kompol Basrum Sychbutuh, Kabag Ops Polres Poso Kompol Nurhadi, Kasat Lantas Polres Poso AKP Suprojo, Kasat Sabhara Polres Poso AKP Sudji Hartono, Kasat Intelkam Polres Poso IPTU I Made Artadana, Ketua Panitera PN Poso Yakub, Panitera Perdata Lifiati Sumari, Juru Sita Pengadilan Poso Masri Kasino, Penata Muda Masdaru Kylmi, Lurah Lembomawo, Selvie MC. Montolalu dan Pendeta Gereja Pantekosta Lembomawo Somba. (*/adz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here