Sosialisasi PKPU Nomor 4 tahun 2022, KPU Provinsi dan Kabupaten Tidak Lagi Menerima Pendaftaran Parpol

0
94
Foto: Kegiatan sosialisasi PKPU Nomor 4 tahun 2022 yang diselenggarakan KPU Kabupaten Poso (Rusli)

POSONEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik tingkat provinsi maupun kabupaten, tidak lagi menerima proses pendaftaran Partai Politik seperti halnya dalam Pemilu tahun 2019 lalu. Hal itu disampaikan komisioner KPU Poso Taufik Hidayat saat menyampaikan materi sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai Politik peserta Pemilu di aula Kantor KPU Poso Jumat (29/7/2022).

“Sesuai jadwal tahapan Pemilihan Umum tahun 2024, mulai hari Jumat 29 Juli 2022 ini pengumuman pendaftaran partai politik mulai disampaikan dan pendaftaran dimulai sejak 1 Agustus hingga 14 hari kedepan. Namun pendaftaran partai politik kali ini cukup dilakukan satu pintu yakni di tingkat pusat. Jadi tidak perlu lagi mendaftar di KPU provinsi maupun kabupaten seperti Pemilu sebelumnya,” jelas Taufik dihadapan sejumlah perwakilan Partai Politik di Kabupaten Poso.

Mengapa demikian, menurut Taufik, karena semua partai politik peserta Pemilu cukup menggunakan aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) yang didalamnya sudah memuat daftar pengurus di tingkat provinsi, kabupaten maupun kecamatan untuk selanjutnya dijadikan database parpol untuk melakukan pendaftaran di tingkat pusat.

“Jadi PKPU Nomor 4 tahun 2022 ini justru lebih mempermudah partai politik karena cukup menggunakan aplikasi SIPOL, tidak perlu lagi mendaftar di KPU provinsi maupun kabupaten,” tandasnya.

Taufik juga menjelaskan mengenai dasar hukum pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu yakni merujuk pada UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor. 55/PUU-XVIII/2020. PKPU Nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 serta PKPU Nomor. 4 tahun 2022 tentang pendafaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pamilu anggota DPR dan DPRD.

Giat sosialisasi digelar di aula Kantor KPU Poso dan dihadiri Ketua KPU Poso Budiman Maliki, anggota KPU Poso Taufik Hidayat, Wilianita S.Pengety, Wisnu Pratala dan Olivia Salintohe, Ketua Bawaslu Poso Abd.Malik Saleh, perwakilan OPD Pemkab Poso, unsur Forkopimda Poso, jajaran pengurus sejumlah partai politik, Sekretaris KPU Poso Hamzah dan sejumlah insan pers.  

Ditambahkan Taufik, bagi partai politik yang mencapai ambang batas parlemen threshold atau mencapai kuota 4 persen kursi di DPR RI, maka dalam proses pendaftaran ini, partai politik tersebut, cukup dilakukan verifikasi administrasi.

“Beda halnya dengan partai politik peserta Pemilu tahun 2019 lalu yang tidak memiliki kursi di DPR RI atau dengan kata lain tidak mencapai ambang batas kuota 4 persen parlemen threshold, maka selain verifikaisi administrasi, akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual,” tutupnya. ULY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here