Polres Morut Ringkus Pelaku Pembunuhan Wanita di Soyo Jaya

0
353
Foto: Konferesni pers yang digelar Polres Morut dengan menghadirkan pelaku dan barang bukti terkait kasus pembunuhan wanita paruh baya di Soyo Jaya (Samuel)

MORUT, POSONEWS –  Satreskrim Polres Morowali Utara berhasil mengungkap kasus pembunuhan yang sempat menggemparkan warga Soyo Jaya. Tidak sampai 2×24 jam satu orang tersangka berhasil diamankan beserta barang bukti kejahatan.

Pelaku ‘A’ (25) diketahui adalah warga asal Ampana Kabupaten Tojo Unauna yang datang ke Desa Bau Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara untuk bekerja sebagai tukang sensor kayu.

Kapolres Morowali Utara, AKBP Ade Nuramdani melalui Wakapolres Kompol Amri yang diampingi KBO Reskrim Ipda Theodorus dan Kabag OPS AKP Dharmawati, saat menggelar konferensi pers mengatakan, berdasarkan pengakuan pelaku awalnya tidak ada sama sekali niat untuk membunuh.

Wakapolres menerangkan, pada hari senin 29 November 2021 tersangka A berada di pondok salah satu warga. Kemudian tak lama berselang A melihat korban seorang perempuan YD pulang dari kebun dan melintasi jalan dipadang dengan jarak sekitar 150 Meter.  

“Saat itu  tersangka A langsung mendekati korban dan menyapa korban. Kemudian A menyampaikan kepada korban bahwa ia hendak meminta meminjam uang kepada korban, tetapi korban menjawab korban tidak memiliki uang dan korban sempat berdebat dengan pelaku,” ujar Wakapolres terkait kronologis kejadian tersebut.

Karena pelaku memaksa meminta uang korban dan saat itu korban sempat mengeluarkan kata-kata yang membuat pelaku sakit hati, hal ini membuat pelaku langsung memukul korban dengan menggunakan tangan terkepal dan mengenai bahagian dagu korban sebanyak 3 kali, dan memukul dengan tangan terkepal pada bagian rusuk kiri dan kanan korban.

Selanjutnya, pelaku mencoba merampas parang yang terselip dalam sarung dipinggang kiri korban dan korban sempat berusaha menahan, sehingga pada saat parang ditarik pelaku langsung mengenai bagian dalam pergelangan tangan sebelah kiri korban.

“Saat itu korban pun oleng kearah tubuh pelaku sehingga parang yang saat itu dipegang pelaku mengenai bahagian dagu korban. Kemudian korban jatuh ketanah dengan posisi tertelungkup. Saat itu pelaku melihat sepotong kayu yang ada didekat korban, dan karena pelaku sudah panik, pelaku mengambil potongan kayu tersebut dan memukul bahagian kepala belakang korban berulang kali dan kemudian pelaku membalikan tubuh korban dan kembali memukul bahagian wajah korban dengan menggunakan sepotong kayu,” rinci Wakapolres Morut Kompol. Amri.

Melihat kondisi korban yang sudah sekarat, pelaku kemudian membuang parang di sekitar bagian kepala korban. Dan kayu yang digunakan memukul dibuang di sekitar tebing sekitar 100 Meter dari tubuh korban. Setelah itu pelaku langsung pulang kepondoknya dengan berjalan kaki.

Dari hasil olah TKP yang dilakukan oleh Tim Inafis Polres Morowali Utara, diperoleh fakta bahwa kondisi korban terdapat tanda-tanda kekerasan ditubuh.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh Unit Resmob Polres Morowali utara terungkap bahwa tersangka “A” merupakan pelaku tunggal dalam peristiwa tersebut.

“Terhadap pelaku dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan serta subsider pasal 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman pidana 15 tahun,” tutup Wakapolres. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here