Pemdes Sumoli Tuntaskan Perseteruan Hak Asuh Anak Antara Orang Tua Asuh dan Kandung

0
89
Foto: Proses mediasi perseteruan hak asuh anak antara orang tua kandung dan orang tua angkat. Mediasi diprakarsai oleh Pemdes Sumoli (Ist)

TOUNA, POSONEWS – Pemerintah Desa Sumoli, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Tojo Una-Una melakukan mediasi permasalahan warga terkait hak asuh anak, antara orang tua kandung dan orang tua angkat.

Mediasi yang digelar di Kantor Desa Semoli, Selasa (09/11/2021) difasilitasi Kepala Desa Sumoli Zubair U. Siradj dihadiri orang tua asuh dan kandung dari seorang anak.

Kades Sumoli Zubair mengatakan, permasalahan ini terjadi 12 tahun lalu, dimana anak tersebut masih berumur 2 tahun yang dipelihara oleh Kisman Ungu selaku orang tua angkat.

Namun seiring berjalannya waktu, anak yang saat ini telah berumur 14 tahun itu diketahui oleh ayah kandungnya bernama Kasim Lamajido putus sekolah.

Hal itu membuat orang tua kandung ingin mengambil lagi anak tersebut untuk di sekolahkan kembali.

Namun orang tua angkat menuntut biaya hidup anak tersebut selama 12 tahun dalam asuhannya.

Setekah dimediasi oleh Kepala Desa, kedua orang tua anak tersebut bersepakat untuk bersama mengurus anak tersebut dan tidak akan mempermasalah terkait hak asuh anak tersebut.

“Kami telah membuatkan surat perjanjian damai yang ditandatangani kedua belah pihak, Alhamdulillah proses mediasi berjalan aman lancar dan keduanya bersepakat berdamai,” imbuh Zubair.

Mediasi ini dipimpin langsung Kepala Desa Sumoli Zubair U. Siradj didampingi Babinsa Serma Feri Tewu, Ketua BPBD Desa Semoli Ridwan Nasila. CND

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here