Desa Sintuwulemba Akan Terapkan Perdes Penertiban Hewan Peliharaan

0
57
Ketua BPD Sintuwulemba, Yopi Hary

PosoNews.id, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sintuwulemba, melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkait penertiban peliharaan hewan ternak.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan desa (Perdes) tahun 2021 yang dimandatkan ke BPD.

Ada pun tahapannya, urai Ketua BPD Yopi Hary, dimulai dari pembahasan penyusunan rancangan di tingkatan BPD, kemudian disosialisasikan bersama Pemerintah desa (Pemdes) hingga ke masing masing RT.

“Setelah itu baru di lakukan penetapan,” terang Yopi saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Selasa 9 November 2021.

Dia menyebutkan, ada lima Perdes yang di mandatkan ke BPD. Yaitu, Perdes ketertiban sosial, tata ruang desa, alat tangkap ikan, jual beli tanah dan penertiban hewan ternak.

“Nah, dari lima itu yang kami prioritaskan disini adalah penertiban hewan ternak. Nanti yang lainnya akan kita prioritaskan lagi di tahun 2022,” sebut Yopi.

Untuk Perdes itu sendiri mengatur, jangan sampai ada lagi hewan ternak berkeliaran yang dapat merusak perkarangan dan merugikan warga Desa Sintuwulemba.

“Ini juga akan berdampak positif bagi warga agar tidak lagi khawatir tanamannya akan rusak atau dimakan hewan ternak yang dilepasliarkan pemiliknya. Bahkan kondisi kesehatan ternak juga akan lebih baik,” tukasnya.

Bukan hanya itu, lanjut Hary, dalam aspek lingkungan misalkan penataan kandang kandang peternak harus berdasarkan sanitasi yang baik sehingga tidak berdampak secara lingkungan.

Olehnya, BPD melakukan sosialisasi untuk memberikan pengertian kepada masyarakat agar dapat memahami peraturan tersebut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here