Pemprov dan Pemkab Poso Gelar Sosialisasi Perlindungan Konsumen

0
225
Foto : Wabub Poso M. Yasin Mangun saat memberikan sambutan pada giat sosialisasi perlindungan konsumen Senin (19/4) (Foto: Ist)

POSO, POSONEWS – Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun S.Sos hadir sekaligus menyampaikan sambutan Bupati Poso pada acara sosialisasi Perlindungan Konsumen yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Poso di aula hotel 99 Senin (19/4/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng diwakili KUPT Pengawasan dan Perlindungan Konsumen Rudi Zulkarnaen, SH, MH, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Poso, Kasi Pemasaran Produk dalam Negeri Sulteng, Siti Maimunah, SE,MM, serta Ketua TP- PKK Kabupaten Poso Ny. Nur Afni Baretha bersama anggota.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Poso disampaikan bahwa hari Konsumen Nasional (HARKONAS) ditetapkan pada tanggal 20 April merupakan momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan Kecerdasan, Kemandirian, dan Kepercayaan diri konsumen untuk bertransaksi, serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri.

Wabup Poso M. Yasin, mengatakan bahwa perlindungan konsumen merupakan persyaratan mutlak dalam mewujudkan perekonomian yang sehat melalui kelembagaan antara perlindungan kepentingan konsumen dan pelaku usaha.
“Hanya melalui keberadaan dan keberdayaan perlindungan konsumen yang memadai, indonesia mampu membangun kualitas manusia yang berharkat, bermartabat, cerdas, sehat, inovatif, dan produktif untuk membawa Indonesia memiliki ketahanan nasional yang jauh lebih baik lagi serta berdaya saing di berbagai bidang di kanca dunia,” ungkapnya.

Rutfiah Mangun S.Sos selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 20 April 2021.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan sosialisasi Perlindungan Konsumen kali ini bertujuan untuk mengedukasi konsumen agar sadar dan paham akan Perlindungan Konsumen sehingga konsumen dapat melindungi diri keluarga dan masyarakat sekitarnya agar terhindar dari akses-akses negatif terhadap penggunaan barang atau jasa yang beredar di pasar yang tidak sesuai dengan ketentuan. Di samping bertujuan untuk mengedukasi diharapkan konsumen sadar dan paham akan Perlindungan Konsumen sehingga dapat meningkatkan indeks keberdayaan konsumen. LEE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here