Polres Poso Ungkap Pelaku Pencurian di Dinas Perpustakaan

0
245
Foto: Pelaku pencurian di kantor Dinas Perpustakaan Poso dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Poso Rabu (17/3) (Foto: Dok.PN)

POSONEWS, POSO – Satuan Reskrim Polres Poso menangkap pelaku pencurian di kantor Dinas Perpustakan Kabupaten Poso. Tersangka yakni inisial W merupakan pegawai honorer di kantor tersebut.

Tersangka melakukan pencurian barang inventaris kantor berupa CPU komputer, layar monitor dan barang berharga lainnya.

Kapolres Poso, AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf yang memimpin jalannya konferensi pers Rabu (17/3) mengatakan, tersangka nekat melakukan aksinya karena terjepit ekonomi.

“Tersangka karena butuh uang, dia mencuri barang inventaris kantor yang dijual hingga mencapai puluhan juta rupiah,” ucap Kapolres Poso.

Menurut Kapolres, tersangka melakukan aksinya memanfaatkan pekerjaannya sebagai operator honorer di kantor Dinas Perpustakan Poso saat kantor tengah sepi.

“Tersangka melakukan aksinya dengan memanfaatkan situasi saat dirinya sebagai operator tengah bekerja dikantor tersebut saat kantor lagi sepi,” ucap Kapolres.

Kini pelaku ditahan di ruang tahanan Polres Poso dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Selain mengungkap kasus pencurian di kantor Dinas Perpustakaan Poso, Satreskrim Polres Poso juga mengungkap sejumlah kasus pencurian yang terjadi di rumah warga serta pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Dalam kasus ini, tersangka yang diamankan yakni PA (25) melakukan pencurian di salah satu rumah warga di Desa Tagolu, Kecamatan Lage pada 23 Februari. Tersangka saat melakukan aksinya nekat dimalam hari masuk rumah dengan menjebol pintu dan jendela rumah korban.

Saat penghuni rumah tengah tertidur barang-barang seperti laptop, handphone, dompet, STNK dan barang berharga lainnya raib digasak tersangka. Tersangka kini telah di tahanan mapolres Poso.

Selain pencurian di rumah warga, Reskrim Polres Poso juga mengamankan satu tersangka curanmor berinisial MA (24). Kronolgis kejadian tersangka melakukan pencurian terjadi pada 17 Maret 2021 sekitar jam 23.00 wita didepan sebuah ruko di Kelurahan Kawua, Poso Kota Selatan.

MA yang baru saja menenggak miras jenis captikus, ditengah perjalanan motor yang dikendaraianya mogok, tiba-tiba tersangka melihat sebuah motor terpakir lalu muncul niat mengambil motor tersebut yang awalnya hanya ingin mengambil knalpot motor.

Kapolres Poso, AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf didampingi Wakapolres Poso, Kompol Basrun dan Kasat Reskrim Poso Iptu Dicky Armana menyampaikan, kedua tersangka diamankan berdasarkan laporan warga yang merasa kehilangan.

“Kedua tersangka telah mendekam di tahanan polres Poso, dijerat UUD pencurian,” ucap Kapolres.

Kapolres Poso menghimbau untuk selalu berhati-hati menyimpan barang berharga dirumahnya. Jika memiliki motor baiknya disimpan baik-baik dengan mengkunci stang setir. Dan untuk warga yang dirumah lebih waspada saat malam hari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here