Kebun Nilam di Poso Pesisir Tumbuh Pesat

0
Kondisi tanaman nilam yang tumbuh pesat di wilayah Poso Pesisir (Foto: Samsol)
- Advertisement -

PosoNews.id, Tokorondo- Tanaman nilam yang kita kenal sebagai tanaman yang bisa menghasilkan “Minyak Aksiri” yang hingga saat sekarang minyak tersebut berharga mahal yakni mencapai Rp 600 ribu. Demikian yang disampaikan oleh salah seorang penyuling daun nilam di Poso Pesisir.

Selanjutnya dalam sebuah keterangan, salah seorang petani di Desa Tokorondo Papa Acok bahwa saat ini menanam nilam menjadi sebuah harapan untuk menunjang kesulitan ekonomi yang semakin mengkhawatirkan.

Selain itu dari sejumlah petani di wilayah Poso Pesisir menyatakan bahwa tanaman nilam tumbuh pesat, karena tanaman ini bisa tumbuh di area tanah yang kurang subur.

Sebagaimana para penyuling daun nilam yang ada di Poso Pesisir mengatakan bahwa hingga sat ini penyuling tidak membeli daun tetapi hanya membeli hasil minyak aksiri nilam atau hanya menyediakan jasa penyulingan untuk para petani.

- Advertisement -

Tumbuh pesatnya tanaman nilam di sebagian besar desa di wilayah Poso Pesisir ini menunjukkan bahwa prospek tanaman nilam kedepan cukup menjanjikan terutama dalam menunjang ekonomi masyarakat. (SAM)

- Advertisement -