Danyon C.Rusmanto: TNI Selalu Hadir Menjaga Kedaulatan NKRI

0
Foto: Upacara peringatan HUT TNI ke 75 yang dipusatkan di Mayonif 714/SM Poso secara virtual dengan menerapkan protokol Covid 19 (Foto: Rusli)
- Advertisement -

PosoNews.id, Poso – Peringatan HUT TNI ke 75 tahun 2020 di Kabupaten Poso dipusatkan di Markas Batalyon Infanteri (Mayonif) 714/Sintuwu Maroso yang digelar secara virtual dengan mengedepankan protokol kesehaan Covid-19, Senin (5/10).

Berbeda dengan peringatan tahun tahun sebelumnya, peringatan HUT TNI ke 75 secara virtual ini menyesuaikan dengan puncak peringatan TNI secara nasional yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo langsung dari Istana Negara.

Hadir dalam upacara secara virtual di Mayonif 714/SM Poso antara lain Pjs.Bupati Poso Arfan M.Si, Danyon 714/SM Letkol (Inf) Constantinus Rusmanto, Dandim 1307 Poso Letkol (Inf) Gusti Nyoman Mertayasa, Kapolres Poso, AKBP Darno, Ketua DPRD Poso Sesi KD Mapeda, Kajari Poso Lapatewe Hamka, Pengadilan Negeri Poso, Kabinda dan Ka Rutan Poso.

Danyon 714/SM, Mayor Inf Constantinus Rusmanto pada kesempatan tersebut mengatakan, HUT ke-75 TNI kali ini mengusung tema “Sinergi Untuk Negeri”.

- Advertisement -

“Pada hari ini kita mengikuti upacara HUT TNI secara virtual, langsung dari Istana Negara yang dipimpin Bapak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan tema Sinergi Untuk Negeri,” kata Danyon 714/SM kepada sejumlah awak media usai mengikuti upacara detik detik peringatan HUT TNI ke 75 secara virtual.

Ditambahkan Danyon C.Rusmanto, peringatan HUT TNI kali ini juga merupakan wujud rasa kecintaan dan kebanggan para TNI sebagai bukti bahwa TNI tetap hadir dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan tegakknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Khusus di wilayah Kabupaten Poso ini, dengan situasi adanya Operasi Tinombala kita tetap fokus dalam melaksanakan tugas demi kedamaian di tana Poso. TNI senantiasa hadir kapanpun dibutuhkan,” tegasnya.

Seperti yang telah dijelaskan Presiden RI melalui vidio virtual, bahwa sejarah panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan, TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara. Yaitu, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Kontribusi TNI untuk bangsa dan negara ini tidak hanya melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam termasuk dalam menghadapi pandemi Covid 19,” jelas Presiden RI Joko Widodo.

Olehnya, Danyon 714/SM Mayor Inf C Rusmanto berharap, dengan adanyanya semboyan Dirgahayu TNI “Sinergi Untuk Negeri” dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan sehari hari.

Peringatan HUT TNI ke 75 di Kabupaten Poso kali ini, sebelumnya telah diawali dengan sejumlah rangkaian kegiatan. Diantaranya, kegiatan bhakti sosial dengan melakukan donor darah, ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kawua Kecamatan Poso Kota Selatan. (LEE)

- Advertisement -