PT. Timurjaya Indomakmur Bantu Perbaikan Jalan Antara Desa Lanumor dan Ensa

0
Perbaikan ruas jalan antara Desa Lanumor dan Desa Ensa (Foto: Samuel Siombo).
- Advertisement -

PosoNews.id, Poso – Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Timurjaya Indomakmur dikerahkan untuk membantu perbaikan darurat kerusakan jalan penghubung antara Desa Ensa dan Desa Lanumor, Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulteng.

Hal ini merupakan bentuk sinergitas antara kedua kepala desa untuk memasukan permohonan kepada perusahaan, PT Timurjaya Indomakmur yang bergerak di perkebunan kelapa sawit.

Sehingga, lewat permohonan itu pihak PT Timurjaya Indomakmur merespon untuk segera membantu pekerjaan jalan rusak di dua desa itu.

Diketahui, sudah setahun ruas jalan yang menghubungkan kedua desa itu rusak parah. Jalan licin dan berlumpur membuat banyak warga mengalami kecelakaan, sehingga menghambat jalannya roda perkekonomian masyarakat.

- Advertisement -

Pasalnya, beberapa pengendara yang tetap memaksa menerobos kubangan lumpur akhirnya terjebak, bahkan harus bermalam sambil menunggu bantuan. Sehingga hal itu membuat kedua kades untuk mencari solusi dengan membuat permohonan bantuan pekerjaan kepada perusahaan sawit yang ada diwilayah tetsebut.

Kepala Desa (Kades) Lanumor, Seprianto Manantuada menyebutkan, kerusakan tersebut sangat mengganggu apalagi saat musim hujan tiba. tidak sedikit penguna jalan yang memilih bertahan.

“Ruas jalan ini merupakan akses utama masyarakat Desa Lanumor dalam menjalankan aktivitas perekonomian mereka ke sejumlah wilayah kecamatan yang ada di Morut.

Namun, dengan adanya bantuan dari PT Timurjaya Indomakmur, Kades Lanumor mengapresiasi pihak perusahaan yang sudah rela membantu melalui pekerjaan jalan ini, sehingah bisa memperlancar akses jalan yang sering dilalui masyarakat dalam beraktivitas.

Nelson, salah seorang warga Desa Lanumor berharap pemerintah daerah Morut segera memperbaiki ruas jalan ini secara permanen, agar arus lalu lintas tetap lancar.

“Jika lalu lintas terganggu, maka secara otomatis menghambat aktivitas masyarakat yang notabene pekebun dan pedagang sayuran. Sehingga menjadikan harga kebutuhan di desa kami meningkat tajam apa lagi saat pandemi begini,” ungkapnya.

Sementara, Kades Ensa, Ferdinan Suade meminta masyarakat untuk memaklumi atas ketidak nyamanannya dengan adanya perbaikan jalan ini.

“Kondisi ini untuk sementara saja, kami sebagi pemerintah desa dan pihak perusahaan berupaya sebaik mungkin, agar perbaikan jalan antara kedua desa ini cepat selesai,” tuturnya.

Humas PT. Timurjaya Indomakmur, Doni saat dihubungi media ini, Senin (5/10) membenarkan bahwa terlaksananya pekerjaan jalan ini atas permohonan dari kedua Kades ke perusahaan PT. Timurjaya Indomakmur.

“Ini juga merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab kami dari perusahaan untuk memperbaiki jalan penghubung antara Desa Lanumor dan Desa Ensa yang sudah lama rusak,” akunya.

Doni menambahkan, bantuan pekerjaan jalan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan politik apalagi sekarang menjelang Pilkada.

“Ini murni bentuk kepedulian kami kepada desa yang membutukan bantuan, tidak ada boncengan politik dari mana pun,” pungkasnya.

Pekerjaan jalan ini turut disaksikan dan diawasi lansung oleh salah satu angota DPRD Morut, Epafras Sambongi bersama kedua Kades dan masyarakat. (CHEM)

- Advertisement -