Komda Alkhairaat Gelar Haul Guru Tua, Ibrahim: Kegiatan Dikemas Dalam Acara Khusus Halal Bi Halal dan Tasyakuran

0
493

POSONEWS, Poso – Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Poso, memperingati Haul Habib Sayyid Idrus Bin Salim (SIS) Aljufri atau Guru Tua yang ke-52 di Desa Tongko, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, Sulteng, Minggu (7/6/2020).

Namun, pelaksanaan kali ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Biasanya Haul tersebut dipusatkan di kota Palu, kini Komda Alkhairaat mengemasnya dalam sebuah acara khusus yaitu halal bi halal dan tasyakuran (syukuran).

Pengurus Komda Alkhairaat Poso, Ibrahim Ismail, S.Ag, M.H.I menuturkan, khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Poso, tidak bisa melaksanakan haul guru tua seperti biasanya, dikarenakan situasi dan kondisi saat ini.

Habib Thalib bin Abdillah Aldjufri ditemani pngurus Komda Alkhairaat Poso usai pelaksanaan Halal Bin Halal yang digelar di Desa Tongko (Foto: IST)

“Harusnya pelaksanaan haul tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (4/6). Karena sesuatu hal, Komda Alkhairaat Poso baru bisa melakukannya di hari Ahad (7/6),” kata Ibrahim.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Komda Alkhairaat memutarkan kembali acara yang telah dilaksanakan di kota Palu. Yaitu, pidato haul oleh ketua utama Alkhairaat dan pembacaan manaqib dari salah satu pengurus PB Alkhairaat.

Diterangkan, dalam pelaksanaan Haul Guru Tua pada (4/6), PB Alkhairaat melaksanakannya secara virtual yakni live streaming, kepada seluruh Abnaul Khairaat dimanapun berada untuk mengikutinya melalui media sosial.

Ibrahim melanjutkan, acara ini juga dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah setempat, ulama dan umara untuk mengikuti protokoler Covid-19 yakni dengan memperhatikan Physical Distancing.

“Sebelum dilaksanakan kegiatan ini, kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak gugus tugas Covid-19, sehingga Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Agustinus Sigilipu menyempatkan hadir dalam acara ini. Karena panitia penyelenggara menjamin pelaksanaan kegiatan ini,” imbuhnya.

Sementara, para peserta yang hadir dibatasi sesuai anjuran yang telah ditetapkan oleh gugus tugas Covid-19.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan Halal Bi Halal tersebut, dihadiri oleh salah satu unsur PB Alkhairaat Palu. Yaitu Habib Thalib bin Abdillah Aldjufri M.Pd.I.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas kehadiran Habib Thalib bin Abdillah Aldjufri cucu dari pendiri Alkhairaat dalam acara Halal Bi Halal dan tasyakuran ini,” tutupnya.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here