Jumlah Pasien Positif di Poso Berkurang, OTG Naik Signifikan

0
252

POSONEWS, Poso – Jumlah kasus positif di Kabupaten Poso terus mengalami penurunan kurun sebulan terakhir. Namun jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) naik signifikan.

Jumlah pasien positif yang awalnya total 5 orang berkurang menjadi 4 orang setelah satu pasien pada Sabtu (6/6/2020) dinyatakan Sembuh dan diperbolehkan pulang.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, Sulteng menyebutkan, saat ini satu pasien terkonfirmasi covid-19 yang dirawat di RSUD Poso telah diperbolehkan pulang setelah dinyatakan sembuh dari virus corona.

Pasien sembuh itu yakni wanita ST (23) asal Kecamatan Pamona Selatan merupakan pasien 09 terkonfirmasi virus corona yang selama ini dirawat di RSUD Poso.

Sumber : Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso

ST sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi covid-19, memiliki riwayat kontak dengan satu pasien covid-19 asal Pendolo

Jubir Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Poso, dr.Marwan Neno menyebutkan, dari hasil Swab PCR yang diterima dari Laboratorium Makassar satu pasien Poso telah sembuh.

“Hari ini Sabtu 6 Juni 2020, kami telah menerima hasil evaluasi Swab dari Makassar, satu pasien Poso yang terkonfimasi covid-19 telah sembuh,” kata Marwan Neno, melalui sambungan telepone dari posko Jurnalis Poso Liputan Covid-19, Sabtu (6/6/2020)

ST pasien yang telah sembuh dari covid-19 pada Sabtu siang telah dilakukan acara seremonial perpisahan oleh para tim medis di RSUD Poso sebagai wujud keberhasilan tim medis Poso yang kembali berhasil menyembuhkan satu pasien positif.

Sumber : Dinkes Poso

Marwan Neno menambahkan, selain satu pasien covid-19 sembuh, pihaknya juga memulangkan satu pasien orang dalam pengawasan (ODP) yang dirawat di RS darurat hotel wisata Poso.

ODP itu inisial SU (50) warga Kecamatan Lore Utara yang dinyatakan sembuh. Sebelumnya SU tercatat sebagai ODP karena memiliki riwayat kontak dengan pasien corona klaster Gowa asal Napu yang telah sembuh.

Marwan menambahkan, dalam memberikan kesembuhan para pasien covid-19 selama dirawat, pasien diberikan penanganan secara maksimal oleh para tim medis seperti menyediakan obat-obat medis berdasarkan protap WHO, diajak berolah raga, diberikan dukungan moril hingga meminum obat dari daun kelor.

“Tentunya tim medis aktif memberikan obat sesuai protokol WHO, dikasih pengobatan daun kelor, dikasih suport dukungan moril dan aktif berolahraga,” ucapnya.

Dari data Gugus Tugas Covid-19 Poso, pasien positif covid-19 berkurang menjadi 4 orang, OTG berjumlah total 25 ketambahan 17 orang dan ODP menjadi empat orang. Sedangkan pelaku perjalanan total 9.857 orang, selesai dipantau sebanyak 9.036 orang dan saat ini tinggal 821 orang. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nol atau tidak ada. Total sembuh dari Covid-19 sebanyak 8 orang dari 12 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif. (RHM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here