Verna: Zakat Adalah Instrumen Kunci Dalam Menumbuhkan Perekonomian

0
Foto: Bupati Poso Verna Inkiriwang didampingi Ketua MUI Poso dan pengurus Baznas Kabupaten Poso (ist)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Bupati Poso dr. Verna Inkiriwang menghadiri kegiatan pendistribusian dana zakat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso, akhir pekan kemarin.

Menurut Bupati Poso, keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural dibawah naungan Kementerian Agama, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya Umat Islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan khususnya di Kabupaten Poso.

“Zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian. Zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak lansung dapat membantu APBN dan APBD,” ujar Bupati Poso Verna Inkiriwang.

“Hasil kajian menunjukkan bahwa secara umum lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat,” tambahnya.

- Advertisement -

Disebutkan juga beberapa faktor yang mendukung keberhasilan dari zakat yaitu regulasi, motivator dan koordinator. Ketiga faktor tersebut harus sinergis antara ketegasan aturan dari pemerintah yang didorong oleh Kementerian Agama sebagai motivator serta efektivitas Baznas sebagai koordinator dalam mengelola dana zakat dengan sebaik baiknya.

Seusai acara tersebut Bupati Verna meluangkan waktu untuk bertemu dan berdiskusi dengan Ketua MUI Poso H. Arifin Tuamaka, Ketua dan Anggota Baznas Poso serta tokoh agama lainnya. ULY

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini