KPPS Lembo Morut Rampungkan Rekapitulasi Suara se Dapil 3

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Setelah berlangsung selama enam hari, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kecamatan Lembo, hari Kamis petang, menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara partai-partai dan calon anggota legislatif dalam Pemilu Legislatif 14 Februari 2024.

Dengan selesainya rekap suara di Kecamatan Lembo, maka penghitungan suara se-Dapil 3 (Lembo, Lembo Raya, Mori Atas dan Mori Utara) dinyatakan selesai.

Acara penutupan rekap di KPPS Lembo ini ditandai penyerahan hasil rekap kepada pemerintah dan muspika serta saksi-saksi parpol dan caleg, disaksikan Camat Lembo Benyamin Hambuako, Komisioner KPU Morut Bidang Hukum Sudarto serta jajaran Muspika Lembo.

Komisioner KPU Sudarto mengatakan rasa syukurnya bahwa proses rekapitulasi suara hasil Pemilu 2024 di seluruh Dapil 3 berlangsung tertib, aman dan lancar.

- Advertisement -

“Tidak ada hambatan berarti. Semua stakeholder yang direpresentasikan oleh para saksi tidak ada komplain suara. Semua menyatakan data formulir C1 yang tiba di KPPS kecamatan sudah sesuai dengan yang di TPS-TPS,” ujarnya.

Kecamatan Lembo merupakan KPPS terakhir di Dapil 3 yang menyelesaikan rekapitulasi karena memang TPS di wilayah ini cukup banyak.

Dari 10 kecamatan di Morut, tinggal tiga yang belum menyelesaikan rekapitulasi yakni Kecamatan Petasia Timur, Petasia dan Bungku Utara. Namun dalam waktu dua atau tiga hari ke depan, semua kecamatan sudah akan menyelesaikan penghitungan. Mudah-mudahan tanggal 25 atau 26 Februari, KPU Morut sudah bisa memulai rekapitulasi tingkat kabupaten.

Terkait Pemungutan Suara Ulang di Onepute, Sudarto mengatakan akan segera dilaksanakan. Sampai saat ini, hanya Onepute yang ada persoalan, sedangkan di kecamatan lain, sampai saat ini tidak ada klaim-klaim yang masuk ke KPU dari Bawaslu setempat.

Perkiraan peroleh kursi

Setelah KPPS Lembo menyelesaikan rekapitulasi, maka total perolehan suara setiap partai dan calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 yang meliputi Kecamatan Lembo, Lembo Raya, Mori Atas dan Mori Utara sudah dapat diperkirakan.

Sebuah sumber partai menyebutkan bahwa delapan kursi DPRD yang diperebutkan di Dapil-3 ini, direbut oleh Partai Hanura dua kursi, Golkar dua kursi, serta Demokrat, Nasdem, PDIP, Gerindra masing-masing satu kursi.

Susunan lengkap perolehan suara dan kursi DPRD Morut dari Dapil-3 adalah:

  1. Golkar (Muhlis Dg Mamala).
  2. Hanura (Megawati Ambo Asa).
  3. Demokrat (Holiliana).
  4. Nasdem (Gina Silvia Togalami).
  5. PDIP (Esrom Soromi).
  6. Golkar (Edwin Purnawan Tampake).
  7. Gerindra (Ahliddin Haddade).
  8. Hanura (Heni Humbu).

“Ini hasil hitung-hitungan kami sesuai dengan rumus-rumus yang ditetapkan,” ujar seorang sumber kredibel yang tidak mau disebut namanya dan menegaskan bahwa ini perhitungan sementara yang tidak resmi namun kami yakini kebenarannya.

Bila hitung-hitungan di atas benar, maka beberapa kesimpulan dapat ditarik yakni Hanura mengalami sukses besar karena bisa menambah satu kursi, Golkar mempertahankan dua kursinya, PKB dan Perindo terpental. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini