Dandim 1307 Poso Temukan Segel Kotak Suara Rusak

0
Foto: Dandim 1307 Poso saat menemukan salah satu kotak suara yang segelnya rusak di salah satu TPS Desa Podi Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Unauna (Ist)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Dandim 1307 Poso Letkol (Inf) Hasroel Tamin SH,M.Hub,Int aktif melakukan pemantauan kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) di sejumlah lokasi yang meliputi Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Unauna sebagai wilayah kerjanya.

Pengecekan dilakukan saat malam menjelang hari pencoblosan Selasa (13/2/2024). Selain mengecek kesiapan loasi dan petugas KPPS, Dandim juga mengecek logistik yang akan digunakan yang tersimpan di dalam kotak suara.

Saat melakukan pengecekan di sejumlah TPS yang ada di Desa Podi Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una Una, Dandim Poso berhasil menemukan adanya segel kotak suara yang mengalami kerusakan.

Tak hanya satu TPS, namun segel kotak suara yang mengalami kerusakan di Desa Podi juga ditemukan di dua TPS lain. Diantaranya, TPS 1 sejumlah 2 kotak suara, TPS 2 sebanyak 2 kotak suara dan di TPS 4 sebanyak 2 kotak suara. Jadi total kotak suara di Desa Podi Kecamatan Tojo yang segelnya mengalami kerusakan mencapai 6 kotak suara di tiga TPS yang berbeda.

- Advertisement -

“Penyebab kerusakan diduga akibat benturan atau gesekan dalam perjalanan kotak surat suara dari kantor camat ke kantor Desa Podi, serta tipisnya kertas segel yang digunakan,” ujar Dandim Poso.

Menurutnya temuan ini harus segera ditindaklanjuti karena memberikan potensi kerawanan dalam menjaga integritas dan keamanan proses pemilu di desa tersebut.

Sementara, Ketua PPK Kecamatan Tojo, Ibrahim Modjo segera melaporkan temuan tersebut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una. Saat ini, keputusan mengenai langkah apa yang akan diambil terkait segel kotak surat suara masih menunggu arahan dan keputusan resmi dari pihak KPU Kabupaten Tojo Una-Una.

Dandim 1307 Poso menambahkan, dalam menghadapi temuan ini, diharapkan adanya kerjasama antara pihak militer, penyelenggara pemilu, dan pihak terkait untuk memastikan kelancaran dan integritas pelaksanaan Pemilu 2024 di Desa Podi.

“Proses evaluasi lebih lanjut diantisipasi guna menjaga keberlangsungan pemilu yang bersih, adil, dan transparan di Kabupaten Tojo Una-Una,” pintanya. ULY

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini