Bawaslu Morut Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Bawaslu Kabupaten Morowali Utara Melaksanakan kegiatan Apel Siaga, Pengawasan Masa Tenang Pemilu Serentak 2024, bertempat dilapangan Koramil Petasia (09/02/2024) pagi.

Adapun tema yang diusung pada Apel Siaga kali ini, ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu,Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan.’

Dalam amanat Bawaslu RI,yang disampaikan Ketua Bawaslu Morowali Utara, John Libertus Lakawa mengatakan, pemilu adalah sarana pelaksana kedaulatan rakyat untuk memilih wakil-wakilnya yang akan duduk dipemerintahan yang akan dilaksanakan secara luber dan jurdil dalam NKRI.

Pada kesempatan itu, Jhon Libertus Lakawa, meminta, agar para Panwas TPS yang melaksanakan tugasnya di dalam TPS, baik dalam pemungutan maupun perhitungan suara pada Pemilu Serentak 14 Pebruari 2024 nantinya, jangan hanya pasif dan bersikap diam.

- Advertisement -

“Salah satu barometer sukses tidaknya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, khususnya dalam proses pemungutan dan perhitungan suara ada ditangan kalian. Jika terjadi dugaan pelanggaran silakan laporkan kepada kami, ” ungkapnya.

“Komitmen untuk melaksanakan terselenggaranya Pemilu demokratis harus tujuan utama bagi penyelenggara Pemilu, baik KPU maupun Bawaslu serta jajarannya hingga ke TPS,” ungkap John.

Lanjutnya, salah satu bagian penting dan krusial keberadaan Panwaslu adalah pengawas TPS, satuan yang berhadapan langsung dengan proses dinamis pemungutan dan perhitungan suara. Tahapan pemungutan dan penghitungan suara merupakan tahapan puncak dari serangkaian tahapan Pemilu yang sudah berjalan sebelumnya.

“Keberadaan Panwaslu menjadi instrument penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara. Tentu jajaran Panwaslu yang aktif dan progresif, mengerti tugas dan wewenangnya sehingga memaksimalkan perannya dengan baik serta pengetahuan dan keterampilan Panwaslu menjadi faktor utama dalam mewujudkan integritas proses dan hasil pemungutan dan penghitungan suara, “ujarnya.

“Terima kasih juga, kami ucapkan kepada seluruh rekan – rekan Panwascam dan PKD yang sudah mengawal proses kampanye para peserta Pemilu, sehingga bisa berjalan baik dan sukses. Kita sadari juga, banyak tantangan untuk kita. Tidak usah kuatir, laksanakan saja tugas saudara- saudari sekalian dengan penuh dedikasi yang tinggi, ” tukas Jhon Libertus Lakawa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabankesbangpolda Morut, Defridas H Sabola, Ketua KPUD Morut, Rudi Hartono, Komisoner Bawaslu Morut, Kacabjari Kolonodale, Jefry Tolokende SH MH, para Danramil di Morut, serta 658 Panwascam, PKD, dan Panwas TPS Se – Kabupaten Morut. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini