Setelah Melewati Perjuangan Panjang, Bupati Delis Resmikan Gedung SDN 01 Kolonodale

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS resmikan penggunaan Gedung Baru SDN 01 Kolonodale pada Rabu, (10/01/2023).

Sesaat sebelum meresmikan Gedung baru SDN 01 Kolonodale yang letaknya tidak jauh dari gedung sekolah lama, Bupati Delis mengatakan bahwa hadirnya gedung sekolah yang baru ini telah melalui berbagai proses dan perjuangan yang sangat panjang.

Hadirnya gedung sekolah yang baru ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu Pendidikan di Kabupaten Morowali Utara yang direalisasikan melalui peningkatan sarana prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan.

Saat ini, banyak prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Morowali Utara di Bidang Pendidikan. Berbagai prestasi tersebut antara lain Kabupaten Morowali Utara meraih Peringkat Ke-2 dalam Capaian Literasi tingkat SD dan Peringkat Ke-1 dalam Capaian Literasi di tingkat SMP se-Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2022.

- Advertisement -

Sedangkan untuk capaian Numerasi di Tingkat SD, Kabupaten Morowali Utara meraih Peringkat Ke-1 dan pada tingkat SMP meraih Peringkat Ke-3 se-Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2022.

“Kita berada di peringkat 3 besar untuk Capaian Literasi dan Numerasi se-Provinsi Sulawesi Tengah”, ujar Bupati disambut dengan tepuk tangan para undangan yang hadir pada kegiatan peresmian tersebut.

Bupati Delis juga mengatakan bahwa untuk merealisasikan salah satu Visi Kabupaten yakni mewujudkan masyarakat yang cerdas, banyak program yang telah dicanangkan oleh Pemda Morut.

Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, menambah jumlah guru yang akan di distribusikan secara merata di seluruh wilayah di Kabupaten Morowali Utara, pemberian fasilitas Laptop untuk para Pengawas Sekolah, pemberian beasiswa kepada Putra Daerah untuk menempuh pendidikan di China, dan juga pemberian Kendaraan Operasianal kepada para Guru yang berada di pelosok telah menjadi program yang dicanangkan oleh Pemda Morut dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan.

Bupati Delis berharap dengan hadirnya Gedung Sekolah yang baru, SDN 01 Kolonodale dapat menjadi sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Morowali Utara

“Selamat atas diresmikannya Gedung Sekolah yang baru, semoga SDN 01 Kolonodale dapat menjadi sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Morowali Utara”, pungkasnya

Sementara itu, ditempat yang sama Adris Ganoli selaku Kepala SDN 01 Kolonodale mengatakan bahwa hadirnya gedung baru SDN 01 Kolonodale yang berdiri di atas lahan milik Pemda ini merupakan sebuah kerinduan yang dimiliki oleh seluruh keluarga besar SDN 01 Kolonodale.

Hal ini disebabkan karena selama berdirinya SDN 01 Kolonodale selama 73 tahun dalam proses belajar mengajarnya berada diatas lahan milik orang lain, sehingga dengan hadirnya gedung baru yang lebih representatif ini menghadirkan semangat baru dalam proses belajar mengajar itu sendiri.

Sedangkan Faisal Dg Siame, SHI selaku Ketua Komite SDN 01 Kolonodale saat ditemui oleh media mengatakan bahwa pembangunan gedung sekolah yang baru ini menghabiskan anggaran sebesar kurang lebih Rp 5 Milyar Rupiah. Anggaran tersebut sudah meliputi biaya pembebasan lahan, pembangunan gedung sekolah sampai dengan pembangunan sarana dan prasarana lainnya.

Peresmian Gedung baru SDN 01 Kolonodale ditandai dengan Penandatanganan Prasasti dan Pengguntingan Pita dilanjutkan dengan peninjauan Gedung Sekolah yang dilakukan oleh Bupati Delis didampingi oleh Kaban Keuangan Morut, Kadis Pendidikan Morut, Ketua Komite dan Kepala SDN 01 Kolonodale.

Nampak hadir mendampingi Bupati Delis yakni Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Morut Moh Ridwan Dg Malureng beserta jajaran, Danramil 1311-03 Petasia Kapten Inf. Amrul, Kapolsek Petasia IPDA Paisal, SH, Kaban Keuangan Morut Masjudin Sudin beserta sejumlah Pejabat Eselon II Lingkup Pemda Morut.

Serta dihadiri pula oleh Camat Petasia Novrianto Najamudin, Ketua Komite SDN 01 Kolonodale Faisal Dg Siame, SHI, Sejumlah Kepala Sekolah yang ada di Kecamatan Petasia, Kepala SDN 01 Kolonodale Adris Ganoli S.Pd beserta keluarga besar SDN 01 Kolonodale. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini