Sigap Tanggapi Keluhan Masyarakat, Dewan Penasihat APJAKER Puji Sosok Pj Bupati Morowali

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID– Penjabat (Pj) Bupati Morowali, A Rachmansyah Ismail menerima kunjungan Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja (APJAKER) di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Morowali, Desa Matansala, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Senin (27/11/2023). Kunjungan tersebut menindaklanjuti aksi unjuk rasa beberapa waktu yang lalu.

Pj Bupati Morowali kemudian melakukan rapat bersama APJAKER yang juga dihadiri oleh Asisten I dan II, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala DPM-PTSP, Kabag Hukum dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan kabupaten Morowali.

Sementara, Ketua Dewan Pengawas APJAKER Morowali, Irsad Amir turut hadir bersama Ketua APJAKER Morowali, Iswanto Masirete dan sejumlah pengusaha di Kecamatan Bahodopi.

Dalam pertemuan tersebut, Iswanto mengatakan bahwa APJAKER ditanggapi baik oleh Pj Bupati Morowali dan telah memahami apa yang menjadi tuntutan APJAKER pada aksi unjuk rasa yang sebelumnya dilakukan.

- Advertisement -

“Selanjutnya akan dibentuk tim untuk melakukan evaluasi, penertiban dan pengawasan kepada perusahaan-perusahaan, baik lokal maupun asing,” ungkapnya.

Selama ini kata Iswanto, pihaknya telah berulang kali melakukan pertemuan, baik dengan pihak pemerintah maupun pihak perusahaan pemilik kawasan dan pihak terkait, namun juga belum menemukan kesepakatan bersama.

“Selama ini kami sudah berulang kali melakukan upaya komunikasi maupun dialog, bahkan sampai RDP, tetapi sayangnya belum mendapatkan jawaban dan dukungan dari pihak-pihak terkait, khususnya pemerintah, hingga akhirnya melakukan unjuk rasa,” jelasnya.

Perizinan yang sangat mudah untuk bidang alih daya, lanjutnya, membuat banyaknya perusahaan yang masuk tanpa kontrol dan pengawasan, sehingga APJAKER memandang perlunya dibuat aturan tambahan ataupun perizinan khusus, agar tidak mudah melakukan operasional dengan mudah di dalam perusahaan.

“Perlu aturan tambahan untuk perusahaan yang masuk agar bisa terkontrol, perlu juga ada pembenahan aturan terkait kontrak antara perusahaan lokal dengan perusahaan asing, juga kontrak dengan tenaga kerja,” jelas Iswanto.

Sementara, Korlap aksi saat unjuk rasa beberapa waktu lalu, Muslimin Dg Masiga menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Morowali yang telah merespon dengan baik sejumlah keluhan dan tuntutan yang disampaikan oleh APJAKER.

“Cukup banyak masalah yang terjadi di lapangan, salah satu contoh adalah masalah gaji karyawan yang lambat dibayarkan oleh kontraktor yang nakal,” ungkap Muslimin.

Sedangkan Ketua Dewan Penasihat APJAKER, Irsad Amir berharap kedepannya Bupati Morowali Definitif bisa mengambil kebijakan seperti Penjabat Bupati Morowali saat ini, yang cepat tanggap dan respon terhadap permasalahan yang terjadi.

“Saya berharap Bupati tahun 2024 nanti, berani mengambil kebijakan demi kepentingan rakyat Morowali seperi yang dilakukan oleh Penjabat Bupati saat ini, beliau sangat cepat dan respon atas keluhan semua pihak, termasuk kami dari APJAKER, dan beliau telah memerintahkan untuk segera membentuk satgas pengawasan,” papar Dewan Penasihat APJAKER Morowali. DRM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini