Pasokan Listrik di Poso Terganggu Akibat Cuaca Ekstrem

0
Foto: Tim reaksi cepat PLN saat turun ke lapangan guna menstabilkan pasokan listrik ke masyarakat (Dok. kiriman PLN ULP Poso)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Cuaca ekstrem berupa angin kencang melanda sebagian wilayah Kabupaten Poso sepanjang bulan Oktober 2023 yang berdampak terjadinya terganggunya pasokan listrik.

Cuaca ekstrem ini menyebabkan terjadinya pemadaman listrik di wilayah kerja PT PLN (Persero) ULP Poso, termasuk sebagian wilayah Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) dan Morowali Utara (Morut) yang dipasok dari Poso.

Manajer PT PLN (Persero) ULP Poso Abdullah Umar mengatakan, akibat cuaca ekstrem ini, mengakibatkan kerusakan pada infrastruktur listrik di beberapa titik yang berdampak terjadinya pemadaman bergilir.

“Akibat cuaca ekstrem banyak pohon yang tumbang dan merusak jaringan listrik yang menyebabkan gangguan dan pemutusan pasokan listrik bagi penduduk setempat,” ujarnya Selasa (31/10).

- Advertisement -

Namun untuk merespon hal itu, pihaknya telah memberikan respon cepat untuk mengatasi situasi darurat tersebut dengan segera mengirimkan tim pemeliharaan dan perbaikan ke lokasi-lokasi terdampak.

“Begitu terjadi gangguan kami segera merespon cepat dengan mengirimkan tim ke lokasi terdampak untuk mengembalikan pasokan listrik sesegera mungkin,” tandasnya.

Untuk menghadapi kondisi seperti ini, pihaknya juga mengajak pelanggan untuk ikut serta dalam membantu memantau kondisi sekitar mereka.

“Masyarakat diimbau untuk segera melaporkan jika menemukan pohon pohon yang membahayakan jaringan listrik. Laporan tersebut dapat disampaikan melalui Kantor PLN ULP Poso ataupun melalui Call Center PLN 123,” kata Abdullah Umar.

Partisipasi dari masyarakat ini menurutnya sangat membantu meningkatkan responsifitas dalam menangani pemadaman listrik dan juga meningkatkan keselamatan bagi masyarakat.

“Kami tetap berkomitmen untuk melakukan upaya maksimal guna memulihkan pasokan listrik dan memastikan kenyamanan serta keamanan masyarakat di wilayah terdampak,” pungkasnya. ULY

- Advertisement -