Bupati Minta Pemenang Lomba Cipta Menu Non Beras Sajikan Masakan di Puncak HUT Morut

0
Foto: Bupati Morut Delis J.Hehi diapit sejumlah ibu ibu PKK Kabupaten Morut yang menjadi juara lomba cipta menu khas lokal non beras Semuel)

POSONEWS.ID  – Lomba cipta menu kudapan non beras khas Morowali Utara yang berlangsung di pelataran Kantor Bupati Morut berlangsung sukses dan meriah, Sabtu (15/10/2022).

Lomba masak dalam rangka HUT Morut ke-9 itu diikuti 37 kelompok peserta yang terdiri dari 30 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Morut, 6 UMKM, dan PKK Kabupaten Morowali Utara.

Lomba tersebut dibagi dalam dua kategori yakni kelompok DWP OPD dan UMKM/PKK. Kegiatan yang berlangsung sejak pagi dibuka Wabup Morut H. Djira dan ditutup oleh Bupati Delis J Hehi.

Ibu-ibu peserta lomba membawa semua perlengkapan masak-memasak di lokasi. Berbagai menu masakan dengan bahan baku lokal non beras mereka racik menjadi masakan yang lezat dan nikmat.

Baik Bupati, Wabup dan dewan juri yang dipimpin Ketua TP PKK Morut Febriyanthi H. DJ Hehi berkeliling melihat, menilai, dan mencicipi masakan yang dilombakan.

Aneka masakan dan minuman itu merupakan produk lokal murni. Bahan baku seperti sayur, ikan dan buah-buahan merupakan bahan yang akrab di masyarakat Morut.

Setelah berkeliling melakukan penilaian, dewan juri akhirnya menetapkan penenang untuk masing-masing kategori.

Untuk kategori DWP OPD Penebanga sebagai berikut,:

Juara 1 DWP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Juara 2 DWP Bapelitbangda

Juara 3 DWP Dinas Pertanian

Juara 4 DWP Dinas Kesehatan

Juara 5 DWP Badan Pendapatan Daerah

Juara 6 DWP Perindagkop

Juara favorit DWP Nakertrans

Sedangkan untuk kategori UMKM/PKK pemenangnya adalah:

Juara 1 PKK Kabupaten Morut

Juara 2 UMKM Kecamatan Lembo Raya

Juara 3 UMKM Kec. Petasia 2

Juara 4 UMKM Kec. Mori Utara

Juara 5 UMKM Kec. Petasia Barat

Juara 6 UMKM Kec. Petasia 1

Para juara mendapatkan uang tunai, trophy, piagam penghargaan dan gas elpiji 5 kg (bright gas) dari PT. Arniel Tamson Gas. Selain itu tiap tim juga mendapat voucher makan senilai Rp 500.000 dari Cowboy Cafe.

Dalam sambutannya sebelum menutup lomba tersebut, Bupati Delis sangat terkesan atas menu yang ditampilkan para peserta lomba.

“Saya ikut keliling dan mencicipi hasil masakan yang dilombakan. Ternyata banyak sekali potensi dan kreasi hasil racikan dari bahan lokal,” ujarnya.

Ia minta agar semua pemenang bisa kembali menyiapkan menu makanan andalan masing-masing peserta untuk disajikan pada puncak acara HUT Morut ke-9 pada 24 Oktober 2022 mendatang.

Bupati juga berharap agar makanan dan minuman dari bahan baku lokal ini secepatnya dipatenkan agar memiliki standar dan kualitas yang baku. Lomba masak ini dilakukan oleh DWP Morut bekerjasama dengan HIPMI Morut. CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here