Pengurus DPD LASQI Morut Masa Bakti 2022 – 2027 Dilantik

0
78

POSONEWS.ID – Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Seni Qasidah Indonesia (DPD LASQI) Kabupaten Morowali Utara Masa Bakti 2022-2027, Jumat (16/9/2022).

Organisasi Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia, disingkat LASQI adalah sebuah wadah seni budaya Islami yang menghimpun dan mengembangkan potensi seniman – seniman qasidah, yakni seni suara yang bernafaskan Islam, dimana lagu lagunya banyak mengandung unsur – unsur da’wah Islamiyah dan nasehat – nasehat baik sesuai ajaran Islam. Diiringi alat musik rebana yang berfungsi sebagai instrumen dalam menyanyikan lagu – lagu keagamaan berupa puji – pujian terhadap Allah dan Rasulnya, saat ini alat musik dimainkan adalah rebana modern seperti biola , gitar , keyboard dan flute.

Hingga kini, LASQI berada di 34 Provinsi di Indonesia. Secara hirarki kepengurusan LASQI mulai dari DPP , DPW, DPD bahkan DPC hingga ke desa sebagai organisasi keagamaan dan Sosial Kemasyarakatan yang terorganisir dan terpusat yang bernafaskan Islam dimana bersifat independen serta memiliki cita – cita memperkokoh ukhuwah Islamiah serta organisasi ini telah berkembang dari pusat sampai ke daerah.

Adapun maksud dan tujuan Pengukuhan DPD – LASQI Kabupaten Morowali Utara adalah untuk membentuk suatu wadah seni qasidah yang merupakan seni budaya Islami yang perlu dibina dan dikembangkan di Kabupaten Morowali Utara. Guna memperkuat kepribadian bangsa, menjalin kebersamaan dan bangga terhadap organisasi serta bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program pemerintah atas dasar norma – norma Pancasila dan nilai luhur kehidupan yang berakhlaqul karimah.

Para Pengurus DPD LASQI Kabupaten Morowali Utara Masa Bakti 2022-2027 diambil sumpah dan dilantik oleh Drs H. Baharuddin H. Tanriwali M.Si selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah LASQI Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Bupati Delis memberi ucapan selamat kepada para Pengurus DPD LASQI Kabupaten Morowali Utara dibawah pimpinan Ketua H. Djira K, S.Pd.,M.Pd, yang baru saja dilantik. Bupati juga berharap agar eksistensi LASQI dapat memberikan kesehatan dan kecerdasan secara spiritual kepada para generasi muda di Kabupaten Morowali Utara.

“Selamat kepada para Pengurus DPD LASQI yang baru saja dilantik. Kami berharap dengan hadirnya LASQI di Kabupaten Morowali ini dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera. Semoga kehadiran LASQI dapat memberikan kesehatan dan kecerdasan secara spiritual kepada para generasi muda di Kabupaten Morowali Utara”, pungkasnya.

Sebelum kegiatan ditutup, Ketua DPW LASQI Sulawesi Tengah Drs H. Baharuddin H. Tanriwali M.Si memberikan sedikit sambutan terkait eksistensi dari LASQI. Beliau menyampaikan bahwa LASQI sendiri memiliki 3 (tiga) peranan dimana LASQI berperan sebagai tatanan, tuntunan serta tontonan.

LASQI sebagai tatanan memiliki peran penting dalam peradaban manusia dimana seni itu sendiri tidak bisa lepas dalam kehidupan manusia khususnya di masyarakat. Yang ke-2 LASQI sebagai tuntunan. Alunan musik dan lirik islami diharapkan dapat menjadi tuntunan para generasi muda dalam memahami serta menjiwai nilai-nilai positif dari agama Islam.

Yang terakhir LASQI sebagai tontonan. Hal ini berhubungan erat dengan performa visualisasi dari musik qasidah dimana dalam penerapannya sangat berbeda jauh dengan genre musik lainnya. Masyarakat dapat menikmati tontonan yang positif dan dapat mengarahkan generasi muda ke arah yang positif.

“Kami para pengurus LASQI berharap agar apa yang menjadi komitmen kita bersama, dapat kami realisasikan. Semoga organisasi ini dapat menjadi syiar dakwah dam syiar sosial kemasyarakatan dalam rangka untuk membina karakter generasi muda menjadi lebih baik”, ujarnya.

Nampak hadir mendampingi Bupati yakni Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K. S.Pd, M.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Morowali Utara Hj. Megawati Ambo Asa S.Ip, Wakil Ketua I DPRD Morowali Utara Wahyu Hidayat S.Ip, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara Ir. Musda Guntur MM., Asisten II Setdakab Morut Ir. Ridwan Nonci, Ketua TP-PKK Morut Febriyanthi H.D.J Hehi S. Si, Apt. serta Ketua I TP-PKK Morut Widyawati M. Djira.

Serta dihadiri oleh Ketua DPW LASQI Sulteng Drs H. Baharuddin H. Tanriwali M.Si bersama anggota, Kepala Kemenag Kab. Morut, Ketua BKMT Kab. Morut bersama para Ketua Majelis Taklim, serta para pimpinan organisasi kemasyarakatan maupun organisasi keagamaan. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here