Bersama Astra Group, Bupati Ajak Jurnalis Viralkan Potensi Wisata di Morut

0
102

POSONEWS.ID – Pariwisata adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian suatu wilayah dalam peningkatan PAD dengan tujuan untuk memperoleh kepuasan, pengetahuan, kesehatan, refresing dan tujuan lainnya.

Destinasi wisata, situs bersejarah, kuliner maupun kebudayaan daerah menjadikan industri pariwisata di Indonesia semakin beragam dan semarak. Keanekaragaman itu lah yang menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Untuk itu Bupati Morowali Utara mengajak para Jurnalis untuk memViralkan potensi pariwisata Kabupaten Morowali Utara
pada kegiatan “Bincang-Bincang dan Lomba Jurnalistik Kepariwisataan Kabupaten Morowali Utara” di Aula Hotel Bougenville Kolonodale, Kamis (15/09/2022).

Hadir dalam kegiatan itu, Kadisparpora Morut, Gatot Susilo Eko Budiyanto SKom, Public Relation Analyst PT. AAL (Astra Agro Lestari) Tbk, Prasetyo Edho Wibowo, dua pemateri seminar, masing masing Dewan Penasehat PWI Sulteng, Tasman Banto dan Jurnalis Foto Senior Antara, Basri Marzuki. Selain itu hadir pula CDO PT ANA, Dody Adisatya SHut, CDO PT CAN, Raymond Ugi, CDO PT SJA 1, Juanda, sejumlah Jurnalis yang ada di Morut dan Morowali, serta tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan ini, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Daerah Kabupaten Morowali Utara Gatot S.E Budiyanto memperkenalkan berbagai spot potensi pariwisata yang ada pada Kabupaten Morowali Utara sekaligus memperkenalkan Putra-Putri Pariwisata Kabupaten Morowali Utara terkait tugas dan perannya dalam memajukan pariwisata kepada sejumlah para jurnalis dari media cetak dan eloktronik yang hadir.

Selain itu, kegiatan ini turut memaparkan berbagai materi jurnalistik seperti “Peran dan Kekuatan Pers Dalam Memajukan Kawasan Pariwisata” yang dibawakan oleh Tasman Banto selaku Dewan PWI Sulawesi Tengah dan juga materi “Teknik Foto/Video Jurnalistik Pariwisata” yang dibawakan oleh Mohammad Basri selaku Senior Foto Jurnalistik.

Dalam sambutannya, Bupati Delis memaparkan bahwa potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Morowali Utara ini telah dipersiapkan dengan matang untuk di publikasikan ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, berbagai konsep seperti “One Day Trip Wisata Teluk Tomori” dan sebagainya sudah dipersiapkan dengan baik.

Bupati juga telah mengalokasikan dana untuk membenahi infrastruktur yang ada pada tempat wisata demi menjaga kenyamanan para wisatawan yang datang nantinya. Untuk potensi pasar saat ini, Bupati masih menargetkan wisatawan lokal. Prioritas utama pariwisata pada saat ini adalah Wisata Teluk Tomori. Oleh karena itu menjaga kebersihan dan keindahannya, Bupati telah mengajak berbagai komunitas seperti Karang Taruna maupun Kelompok Pencinta Alam untuk bersama-sama menjaganya.

“Potensi Pariwisata yang ada di Kabupaten Morowali Utara ini sangatlah besar. Kita memiliki destinasi wisata yang sangat menarik. Kita juga sudah memiliki target pasar yang jelas. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan konsep untuk menarik wisatawan yang datang agar tidak bosan berkunjung terus menerus ke destinasi wisata yang kita miliki. Kami minta peran serta dari para jurnalistik, dari para media untuk membantu kami dalam mempromosikan destinasi pariwisata di Kabupaten yang kita cintai ini”, ujarnya.

“Sumber daya alam akan habis, namun pariwisata tidak pernah habis. Destinasi sudah siap, tinggal bagaimana kita menyiapkan infrastruktur penunjang lainnya,” jelas Delis.

Pemerintah Kabupaten Morowali Utara menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Harapannya rekan-rekan jurnalis dapat terus berkontribusi mendorong kemajuan potensi pariwisata Morowali Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Morowali Utara Gatot Susilo Eko Budiyanto, S.Kom menyampaikan terima kasih kepada Astra Agro yang peduli terhadap kemajuan di wilayah Morowali Utara.

“Kehadiran industri perkebunan banyak memberi dampak positif bagi masyarakat maupun kemajuan wilayah. Di dukung dengan potensi pariwisata Kabupaten Morowali Utara sangat layak untuk kita kembangkan. Ada 5 destinasi prioritas di Teluk Tomori yang akan kami kembangkan lebih dulu,” kata Gatot.

Kegiatan seminar ini ditutup dengan pembukaan lomba jurnalistik pariwisata. Para peserta diberikan waktu dua minggu untuk dapat menggali potensi pariwisata di Kab. Morowali Utara dan menuangkan ke dalam tulisan maupun video, untuk selanjutnya diterbitkan baik ke media cetak, online, maupun Youtube Chanel untuk kemudian diikutsertakan ke dalam lomba tersebut.

Media dan Public Relations Analyst Astra Agro, Prasetyo Edho Wibowo yang bertugas menjadi moderator dalam kesempatan ini memandu diskusi yang begitu seru dan interaktif. “Dengan kegiatan seperti ini kita berharap ikatan antara pemerintah kabupaten, jurnalis dan perusahaan dapat berjalan semakin solid,” kata Prasetyo.

“Astra Agro sangat mendukung ide dan rencana yang dapat memberi manfaat, ini sesuai dengan motto Astra Agro “prosper with the nation”, lanjutnya sambil menyampaikan bahwa sebagai institusi bisnis, Astra Agro tidak hanya fokus pada profit (keuntungan), tapi juga bagaimana kehadiran dan operasional perusahaan dapat memberi manfaat bagi people (orang), dan planet (alam dan lingkungan sekitar).

Sebagai langkah awal untuk mem-viralkan destinasi pariwisata di Kabupaten Morowali Utara, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Daerah Kabupaten Morowali Utara menggelar “Lomba Jurnalistik Pariwisata”. Di akhir kegiatan, para jurnalis diajak untuk menikmati Short Trip Teluk Tomori. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here