OPD Diminta Responsif Terhadap Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi LAPOR

0
97
Foto: Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Hasim R. S.Kom, M.Si bersama Asisten Administrasi, Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Morowali Utara Ir. Ridwan Nonci dalam FGD pengelolaan pengaduan masyarakat melalui aplikasi LAPOR (Dok.Kominfo)

MORUT, POSONEWS – Asisten Administrasi, Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Morowali Utara Ir. Ridwan Nonci buka Kegiatan Forum Group Discussion Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi LAPOR di Hotel Nayla Kolonodale, Rabu (20/04/2022).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Hasim R. S.Kom, M.Si dalam sambutannya  mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan kebijakan “No Wrong Door Policy” yang menjamin hak masyarakat agar segala bentuk pengaduan dapat disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Hasim juga menyampaikan bahwa pengaduan masyarakat yang disampaikan baik melalui SMS,  Website, Sosial Media maupun Mobile Application ini wajib diberikan jawaban minimal 3×24 jam sejak diterimanya laporan. Lapoan yang diterima ini nantinya masuk melalui admin pusat di Kementrian PAN-RB lalu diteruskan ke Admin Daerah dalam hal ini Diskominfo Daerah untuk selanjutnya diteruskan lagi kepada Admin yang berwenang memberikan tanggapan terhadap pengaduan masyarakat di masing-masing instansi pemerintahan.

Dalam sambutannya Ir. Ridwan Nonci selaku perwakilan dari Pemda Morowali Utara sangat menyambut dengan baik kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan publik di masing-masing instansi pemerintahan dalam hal pengelolaan pengaduan pelayanan publik daerah.

“Tugas dan tanggung jawab kita dalam pengelolaan informasi serta pengaduan publik wajib ditingkatkan agar pelayanan publik di Kabupaten Morowali Utara ini dapat terus ditingkatkan. Kami sangat bangga atas penghargaan yang baru saja  diterima beberapa waktu lalu oleh Diskominfo Kabupaten Morowali Utara sebagai Kabupaten paling responsif terhadap pengaduan masyarakat. Kami berharap para perwakilan dari masing-masing instansi dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik khususnya dalam memberi perhatian dalam pengelolaan terhadap pengaduan dari masyarakat”, pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Hasim R. S.Kom, M.Si selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Nampak hadir dalam kegiatan ini Drs. Ivan Rizal Mareoli selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupten Morowali Utara, Rahmawati Donda SE, MM selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Morowali Utara serta dihadiri oleh 46 operator yang bertugas sebagai Admin Penghubung  pada Perangkat Daerah dan 10 Kecamatan di Kabupaten Morowali Utara. (Kominfo/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here