Bupati Delis Serahkan Buku Rekening Insentif Bagi Rohaniawan

0
135
Foto: Bupati Morut Delis J.Hehi saat menyerahkan buku rekening kepada salah seorang rohaniawan (Samuel)

MORUT, POSONEWS – Penyerahan dilaksanakan usai mengikuti ibadah paskah dalam rangka memperingati hari kematian Isa Almasih (Jumat Agung).

Bupati Morut Delis Julkarson Hehi bersama ibu Febriyanti J.Hehi menyempatkan diri mengikuti ibadah Jumat Agung bersama jemaat Betlehem Beteleme Klasis Beteleme. Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten 1 Drs Viktor Tamehi, Kabag Prokompi Kabupaten Morowali Utara Herry Pinontoan dan para pendeta, Jumat (15/04/2022).

Usai mengikuti kegiatan ibadah Paskah dalam rangka memperingati hari kematian Isa Almasih (Jumat Agung), Bupati Delis menyerahkan secara simbolis buku rekening yang merupakan insentif pemerintah daerah bagi para rohaniawan.

Dalam sambutannya bupati mengatakan, salah satu program Pemda Morowali Utara yaitu pemberian insentif kepada para pemangku agama. “Sebelumnya juga kami sudah menyerahkan insentif kepada para Imam saat pelepasan Safari Ramadhan,” ujarnya.

Selanjutnya kata Delis, insetif juga diserakan kepada Mangku umat Hindu. “Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada rohaniawan agama,” tegasnya.

Selain itu ada pula program Morut Sehat yang direalisasikan melalui pemberian jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Morowali Utara. Program ini tentu saja diharapkan dapat mempermudah masyarakat khususnya masyarakat dengan taraf ekonomi menengah kebawah untuk mendapatkan layanan fasilitas kesehatan.

“Salah satu program Morut Sehat yang telah kami laksanakan saat ini yaitu dengan memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat khususnya masyarakat menengah kebawah. Apabila ada masyarakat yang belum ter-cover BPJS Kesehatan, maka secepatnya melapor ke Kepala Desa dengan membawa KTP, Kartu Keluarga dan Surat Keterangan Tidak Mampu,” sambung Bupati Delis.

Pemkab Morut juga lanjut Delis, sudah melaksanakan beberapa dengan program lain. Diantaranya yaitu pembebasan uang komite sekolah di tingkat SD dan SMP, pemberian biaya pendidikan bagi mahasiswa Morowali Utara, pemeberian bantuan UMKM sebesar Rp 300 juta kepada setiap desa, pemberian insentif kepada para rohaniawan, perencanaan program sektor pertanian, perikanan dan infrastruktur jalan dari desa, kecamatan dan  kota.

“Semua ini tentu saja kami harapkan dapat mewujudkan masyarakat Morowali Utara yang sehat, cerdas dan sejahtara,” ungkapnya.

Delis juga menambahkan, Pemkab Morut juga telah menyiapkan fasilitas Rumah Singgah di tiga kota. Yakni Kota Makassar, Palu dan Luwuk.  

“Semoga dengan keberadaan rumah singgah ini dapat membantu dan bermamfaat bagi warga Morowali Utara dalam merujuk jika ada keluarga yang sakit bisa dimanfaatkan tinggal dirumah singah. Fasilitas yang kami berikan seperti kamar tidur, dapur, kamar mandi dan cuci.  Kami harap dapat mempermudah aktivitas warga yang datang berobat,” pungkasnya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here