Bupati Delis Boyong Dua Kades Ikut Digitalisasi Nusantara Expo dan Summit 2022 di Semarang

0
Foto: Bupati Morut Delis Julkarson Hehi Bersama dua kepala desa saat mengikuti Digitalisasi Nusantara dan Summit 2022 di Semarang

SEMARANG, POSONEWS – Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi mengikuti kegiatan Digitalisasi Nusantara Expo dan Summit (DNES) 2022 yang dilaksanakan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Selain bupati, sejumlah pejabat dari Morut ikut hadir dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (29/3/2022).

Selain itu, terlihat pula dua kepala desa dari Morut yakni Kades Pontangoa Kecamatan Lembo Raya Isroi dan Kades Menyoe Kecamatan Mamosalato, Sinton Pasimbo.

Pembukaan expo ini diikuti sejumlah gubernur dan bupati serta walikota. Ratusan peserta yang mewakili daerahnya juga memamerkan produk unggulannya.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara KADIN Indonesia bersama Yayasan Internet Indonesia (GIIF) dan dimeriahkan sebanyak 41 booth dari perusahaan berbasis digital yang mengisi expo.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan kini percepatan digitalisasi terjadi di seluruh pelosok desa. Pemerintah bergerak cepat dengan memanfaatkan teknologi untuk mempercepat pelayanan kesehatan, pendidikan, hukum dan layanan lainnya

 “Dalam perluasan pasar digital yang cepat kita harus jadi yang terdepan transformasi digital, kita sudah dilengkapi startup digital dan perbankan digital tinggal menyiapkan SDM digital,” kata Jokowi.

Presiden juga mengingatkan agar Kadin bersama pelaku usaha lain aktif membanjiri marketplace dengan produk dalam negeri dan UMKM untuk perkenalkan produk Indonesia ke dunia.

Sementara itu, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, mengatakan pemerintah tengah bahu membahu membangun mekanisme digitalisasi pelayanan sampai di pelosok desa. Tujuannya, pemerataan dan keadilan masyarakat.

Pemerintah daerah didorong mencontoh desa-desa yang telah mengimplementasikan pelayanan digital. Salah satunya, Desa Hanura di Lampung. (MC/CHEM)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here