PSU Bintangor Mukti, Heri Langguta Unggul 189 Suara

0
130
Foto: Penghitungan suara dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkades Bintangor Mukti (Dok.MC)

KOLONODALE, POSONEWS –  Pemilihan ulang Kepala Desa Bintangor Mukti  Kecamatan Lembo Raya, Kabupaten Morowali Utara, berjalan lancar, Kamis (10/2/2022).

Pemilihan ulang mendapat pengawalan ketat aparat TNI dan Polri. Calon Kades nomor urut 1 atas nama Heri Langguta berhasil unggul dalam pemungutan suara ulang ini dengan raihan 189 suara. Sementara saingannya nomor urut 2 yakni Kahar Abdullah meraih 187 suara. Dengan demikian Heri Langguta unggul 2 suara.

Sejumlah pejabat penting dari kabupaten sempat meninjau jalannya Pilkades tersebut. Hadir antara lain Bupati Morut Delis Julkarson Hehi, Kapolres Morut AKBP Ade Nuramdani SH, SIK, Dandim 1311 Morowali Letkol Inf. Constantinus Rusmanto, MSc, serta Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa.

Warga Bintangor menggunakan hak pilihnya pada dua TPS yang disiapkan panitia pemilihan Pilkades. Jalannya perhitungan suara berjalan cukup menegangkan karena selisih suara sangat tipis.

Saat perhitungan suara di TPS 1 sempat terjadi keributan karena hasil penjumlahan suara ternyata kelebihan satu suara. Akibatnya dilakukan perhitungan ulang.

Pilkades di Desa Bintangor Mukti ini terpaksa diulangi karena pada Pilkades serentak tahun 2021 lalu terjadi kesalahan fatal dan dinilai melanggar ketentuan.

Sesuai bukti-bukti yang dikumpulkan tim khusus dari kabupaten, jumlah pemilih tetap di Desa Bintangor Mukti saat itu berjumlah 447 orang. Namun saat pemilihan yang menggunakan hak suaranya berjumlah 453 orang. Setelah diteliti, ternyata ada tambahan pemilih sebanyak enam orang yang belum cukup enam bulan berdomisili di desa itu sesuai bukti KTP.

Akibatnya, tim khusus memutuskan untuk menggelar pemilihan ulang di Desa Bintangor Mukti.

Pelaksanaan Pilkades ulang diawasi langsung sejumlah pejabat di antaranya Asisten I Bidang Pemerintahan Drs Victor Tamehi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Andi Parenrengi.

Selain itu juga ada Kepaka Bidang Penataan Kerjasama dan Penyelenggaraan Administrasi Pemdes Charles Toha, S.Sos. M.Si, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Defridas Hi. Sabola, SH, Kabag Ops Polres Morut AKP Dharmawaty, dan Camat Lembo Raya Demutrik, SE. (MC/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here