Bedah Buku Adnan Arsal Panglima Damai Poso

0

PosoNews.id, Makassar- Konflik Poso merupakan serangkaian kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah sejak 25 Desember 1998 hingga 20 Desember 2001.

Tentunya banyak korban jiwa dan harta benda serta rusaknya berbagai fasilitas umum akibat konflik ini. Konflik ini hanya menyisakan duka dan sesal yang tak berkesudahan, bahkan Poso masih kerap dilekati stigma sebagai kawasan berbahaya dan ladang pertempuran.

Konflik ini berakhir dengan ditandatanganinya Deklarasi Malino antara kedua belah pihak yang bertikai. Rangkaian berbagai penyebab konflik dan penyelesaiannya dapat ditemukan pada buku Muhammad Adnan Arsal Panglima Damai Poso.

- Advertisement -

Untuk itu pembaca sangat mengapresiasi atas terselenggaranya bedah buku ini, dengan harapan dapat mengulas kisah dan sejarah perjalanan penyelesaian konflik Poso. Sehingga akan memberi makna yang inspiratif untuk memupuk semangat saling menghargai, tolong menolong dan gotong royong dalam menciptakan kedamaian.

Jasa serta semangat dari Muhammad Adnan Arsal tidak boleh dilupakan, patut untuk dicontoh dan menjadikannya tauladan, terutama dalam usaha menyelesaikan konflik dengan mengutamakan dialog. Karena semakin sering berdialog, maka akan semakin dekat titik temu antara pihak yang berkonflik.

Rasa bangga patut kita miliki karena mimiliki tokoh Muhammad Adnan Arsal. Nilai-nilai karakter yang telah dicontohkannya, khususnya keberanian dan keuletan dalam menyelesaikan konflik Poso menguatkan narasi perdamaian dan kemanusiaan sekaligus meneguhkan pentingnya moderasi dalam beragama dan berkebangsaan agar Indonesia tumbuh menjadi bangsa yang damai dan sejahtera.

Olehnya, mari bersama seluruh elemen maupun masyarakat berpartisipasi aktif, sehingga memahami secara baik esensi perjuangan Muhammad Adnan Arsal untuk selalu mencari jalan damai, tidak pernah lelah dalam perjalanan mencari penyelesaian konflik serta semangat pantang menyerah melakukan berbagai pendekatan ke tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pihak yang berkonflik.(*)

Release: Tim Bedah Buku

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here