Konsultasi ke Bappenas, Delis Sampaikan Pentingnya Inovasi Pembangunan di Daerah

0
149
Foto: Bupati Morut Delis Julkarson Hehi bersama pejabat di Kedeputian Bidang Pengembangan Regional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas Sumedi Andono (Dok.MC)

JAKARTA, POSONEWS –  Perencanaan pembangunan daerah adalah proses penting yang membutuhkan sentuhan inovatif. Bila perencanaan hanya mengikuti struktur perencanaan yang sebelumnya ada, dikhawatirkan akan mendorong daerah kepada titik stagnasi pertumbuhan ekonomi.

Harapan bagi pemulihan ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah pasca badai pandemi Covid-19, secara perlahan akan pupus jika perencanaan pembangunan daerah tanpa inovasi.

Hal itu disampaikan Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi saat melakukan konsultasi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas di Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Salah satu turunan dari inovasi perencanaan pembangun tersebut adalah lahirnya program Gerakan Penanaman Pekarangan (Gempar). Program ini disusun mengingat potensi lahan di Morut yang tergolong unggul.

Program Gempar ini, kata bupati, terletak pada target penerima manfaat program yaitu rumah tangga miskin. Data keluarga miskin ini merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta rumah tangga yang memiliki salah satu anggota keluarganya yang bergizi buruk.

Delis menekankan bahwa monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan program ini merupakan kunci dalam mengawal proses pelaksanaannya hingga mencapai hasil yang maksimal.

Untuk itulah, Bupati Morut secara serius mengawal proses implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Morowali Utara yang telah disusun dengan tetap berpatokan pada RPJMD Provinsi maupun Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)

Sumedi Andono, selaku pejabat di Kedeputian Bidang Pengembangan Regional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas, sangat mengapresiasi upaya serius yang tengah dijalankan di Kabupaten Morowali Utara dalam rangka pengentasan kemiskinan dan menekan prevalensi stunting di daerah.

“Hal seperti ini sangat penting dijalankan oleh Pemda agar setiap proses pembangunan yang dilaksanakan benar-benar berdampak bagi masyarakat,” ujar Sumedi.

Ia yakin jika program ini dilakukan secara konsisten dan dimonitor dengan baik, pasti Morowali Utara akan sukses menjadi daerah yang mampu mensejahterakan rakyatnya.

Dari hasil konsultasi yang dilakukan Bupati Morut itu, disepakati bahwa tim dari Bappenas akan meninjau langsung daerah itu dalam waktu dekat. (MC/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here