Dinas Pertanian Touna Gelontorkan Pengadaan Bibit Ternak dan Tanaman

0
102
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Touna, Mahdi

TOUNA, POSONEWS – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una akan kembali menyalurkan bantuan pengadaan ternak sapi, kambing, bibit ayam, bibit kelapa, bibit jagung, mesin pertanian dan pupuk dengan total anggaran Rp2,8 Miliar.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Touna Mahdi mengatakan, program tahun anggaran 2022 ini guna mengakomodir kepentingan masyarakat.

“Bantuan pengadaan ini sesuai dengan komunitas yang ada, dan nanti penerimaannya akan disesuaikan dan akan kerja sama teman-teman yang ada diwilayahnya masing-masing, nanti kita korelasi ambil data dari Dinas Sosial Touna, agar penerima tepat sasaran,” kata mantan Kabag Humas Pemkab Touna itu belum lama ini.

Diakuinya, jika anggaran pengadaan bibit ternak dan tanaman pada tahun 2022 agak sedikit terbatas, mengingat situasi keuangan daerah yang disesuaikan anggaran yang ada.

“Sehingga ada beberapa cara yang kita sampaikan lewat pengguna anggaran APBD satu dari provinsi. Alhamdulilah itu ada signal dari segi bibit jagung dan padi, hanya mereka minta data yang sistim poligon karena bantuan sekarang jelas lokasinya akan terpantau oleh sistim citra satelit agar ditahu lokasi titik,” paparnya.

Untuk hal ini, Bupati Touna juga telah bertemu langsung dengan Wamen Pertanian menyampaikan kondisi riil wilayah Touna dibeberapa tempat yang masih utuh.

“Wilayah kita ada plok-plok produksi, misalnya di Linte mereka membawa hasil produksinya karena jalannya agak susah, hal ini yang kita masukan lewat bantuan pusat agar usaha warga berkelanjutan,” sambungnya.

Untuk penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Tojo Una-Una saat ini ada sekitar 129 orang. Sehingga Pemda akan bermitra dengan PT Segar yang ada di Mantangisi untuk menyiapkan bibit jagung dan Pemda akan membantu dari sisi pembinaan teknisnya.

Dia berharap kepada masyarakat yang nanti akan mendapatkan bantuan agar betul-betul menanam dan memelihara dengan baik agar bisa meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di Tojo Una-Una. (**/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here