Bedah Buku Muhammad Adanan Arsal, Menghapus Stigma Masa Lalu di Poso

0
139
Buku "Muhamad Adnan Arsal Panglima Damai Poso" (Foto: ishaq)

PosoNews.id, Poso- Yayasan Amanatul Ummah Poso menggelar diskusi dan bedah buku karya Khoirul Anam, di Ballroom Poso City Mall Poso, Sabtu 22 Januari 2022.

Sebelumnya, kegiatan bedah buku tersebut sukses terlaksana di kota Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) dan kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng).

Buku yang berjudul “Muhammad Adnan Arsal Panglima Damai Poso” itu, menjadi perhatian besar bagi para pemerhati sosial, politik dan para akademisi. Karena buku ini dapat menghapus stigma atau pandangan miring tentang Poso masa lalu.

Buku ini juga menggambarkan bagaimana kondisi Poso saat konflik terjadi 1998 sialam yang tidak menyisahkan apa-apa, selain duka dan sesal yang tidak berkesudahan.

Bahkan hingga puluhan tahun setelah konflik di Poso berakhir, masih saja dilekati stigma sebagai kawasan berbahaya.

Padahal kenyataanya tidak demikian, “Bumi Sintuwu Maroso” adalah wilayah asri yang sangat menarik untuk dikunjungi bahkan ditempati.

Olehnya, dengan hadirnya buku ini di Poso, masyarakat bisa memetik pelajaran penting didalamnya. Sehingga tidak ada lagi sesuatu hal terjadi seperti dimasa lampau.

Buku ini juga memberikan nilai positif yang dapat dicontoh dari KH. Adnan Arsal. Terlebih sosok kiyai merupakan tokoh dan orang yang dituakan di Kabupaten Poso ini.

Pesan penting dalam buku ini, hentikan semua bentuk kekerasan yang mengatasnamakan agama, semua itu hanya menambah penderitaan.

Konflik berkepanjangan di Poso sebagai bukti bahwa kekerasan tak menghasilkan apa-apa kecuali kerusakan dan penyesalan yang mendalam.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here