Dituding Sepelekan Hak Masyarakat, Direktur PT. Invictus Angkat Bicara

0
215
Foto: Pertemuan antara masyarakat Desa Koromatantu bersama Direktur Pt. Invictus (Samuel)

MORUT, POSONEWS – PT. Pasirindo Alam (INVICTUS), sebuah perusahaan yang bergerak bidang galian C penggalian pasir di Desa Koromatantu Kecamatan Petasia Barat Kabupaten  Morowali Utara, kurang lebih dua pekan terakhir terpantau berhenti beroperasi, akibat aksi masyarakat yang memblokade jalan, sebagai akses keluar masuknya armada pengangkut hasil pasir galian.

Terkait hal tersebut pihak perusahaan PT. Invictus melaksanakan mediasi melalui Silahrurami bersama masyarakat bertempat di balai Desa Koromatantu, yang dihadiri oleh kepala desa, BPD, Babinsa, Direktur PT invictus dan perwakilan penambang pasir lokal masyarakat serta Ketua Bumdes dan angotanya.

“Trimakasih kepada perusahaan yang telah membuat forum sebagai tempat kita bertemu hari ini, untuk menyepakati kesepakatan-kesepakatan, guna menjalin hubungan baik antara masyarakat dan perusahaan kedepan,” kata Alfianus Doe (Nede) sebagai perwakilan masyarakat Desa Koromatantu, Kecamatan Petasia Barat, Rabu (19/1/2022).

Dalam silaturahmi tersebut, Nede menyampaikan banyak hal tentang apa yang menjadi alasan mereka memblokade jalan. Contoh salah satunya jalan tani yang dipakai sehari hari oleh masyarakat yang juga dipakai oleh pihak perusahaan.

Menurutnya akses jalan tersebut tidak pernah diperhatikan hinga mengalami kerusakan dan tidak pernah melaksanakan sosialisasi di masyarakat terkait kegiatannya. Selain itu pihak perusahaan telah melakukan perjanjian secara sepihak tanpa melibatkan masyarakat, dan mengancam akan melaporkan ke DPRD untuk dihearing jika perlu,”ungkap Nede. 

Menjawab dan menanggapi pernyataan dari saudara Nede tersebut, Direktur PT. INVICTUS, Feky Lawalatta mengatakan bahwa selama perusahaan beroperasi tidak pernah melangkahi masyarakat desa, atau melakukan perjanjian secara sepihak dengan siapapun.

“Sosialisasi kami sudah laksanakan bersama pemerintah desa dan pihak BPD sebagai perwakilan masyarakat, dan selalu kami berkoordinasi langsung dengan pemerintah Desa,” ucap Vecky.

Lebih lanjut Ia menerangkan, bahwa jalan yang selama ini dikatakan tidak dirawat oleh perusahaan tidaklah benar.

“Dari awal beroperasi, perusahaan selalu merawat jalan. Karena imbasnya juga pada armada kita bisa rusak. Kami melakukan penimbunan setiap enam bulan sekali. Bahkan jika jalannya perlu diperbaiki, kita perbaiki meski belum waktunya tiba,” terangnya.

Bahkan rencananya pihak perusahaan akan mengadakan alat berat guna perbaikan jalan yang lebih memadai guna kepentingan perusahaan dan masyarakat desa.

“Kedepan rencananya bila perlu perusahaan akan mengadakan alat berat, demi menunjang perbaikan jalan,” tandasnya.

Di tempat terpisah bendahara Bumdes Desa Koromatantu mengapresiasi akan kehadiran perusahaan tersebut. Karena menurut mereka, PT Invictus sudah banyak berbuat dalam membantu masyarakat untuk mengembangkan Bumdes demi kesejahteraan masyarakat Koromatantu secara umum.

“Kedepannya kami berharap kiranya persoalan ini cepat selesai dan menemukan kesepakatan dengan baik bersama,” tutupnya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here