14 Kades Morut Dilantik, Delis: Kabupaten Bisa Sejahtera Jika Desa Sejahtera

0
109
Foto: Bupati Morut Delis Julkarson Hehi melantik dan mengambil sumpah jabatan 14 Kepala Desa terpilih masa jabatan 2021-2027 dari hasil Plkades serentak (Dok.Samuel)

MORUT, POSONEWS – Pemerintah Kabupaten Morowali Utara melaksanakan  Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan 14 Kepala Desa hasil pemilihan serentak 2021 periode 2021-2027.

Bertempat di ruang pola kantor Bupati Kabupaten Morowali Utara, acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dipimpin langsung oleh Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi, Kamis (30/12/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Morut H Djira, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Morowali Utara, Ketua DPRD Morowali Utara Hj. Megawati Ambo Asa, unsur Forkopimda dan Kepala OPD terkait hingga para Camat yang membawahi wilayah 14 Desa.

Adapun 14 Kepala Desa yang dilantik  adalah :

  1. Salmon Toganti S.Th Kades Tontowea Kecamatan Petasia Barat.
  2. Surdin Tedengki Kades Ulu Laa Kecamatan Petasia Barat.
  3. Hasanuddin Kades Tadaku Jaya Kecamatan Petasia Barat.
  4. Wahyudin Kades Towara Pantai Kecamatan Petasia Timur.
  5. Lalu Suhardi Kades Molores Kecamatan Petasia Timur.
  6. Yerisman Rantegio Salianggo Kades Korowalelo Kecamatan Lembo.
  7. Albert Yanton Pidode Kades Mandula Kecamatan Lembo Raya.
  8. Sunasri Enggune Kades  Petumbea Kecamatan Lembo Raya.
  9. Andi Samanglangi Kades Toddopoli Uebangke Kecamatan Soyo Jaya.
  10. Pathur Rahman S. Pd Kades Malino Jaya Kecamatan Soyo Jaya.
  11. Yolwin Lempe Kades Lemo Kecamatan Bungku Utara.
  12. Robinson Pasenga Kades Lemowalia Kecamatan Bungku Utara.
  13. Jalaluddin, SE Kades Pokeang Kecamatan Bungku Utara.
  14. Marwan Malla Kades Tirongan Bawah Kecamatan Bungku Utara.

Usai memimpin pelantikan, Bupati dalam sambutannya berpesan agar seluruh Kepala Desa yang baru dilantik bisa segera melakukan sinkronisasi desa dengan kabupaten dalam menyelesaikan program pembangunan di daerah ini.

“Selamat kepada 14 Kades yang baru dilantik. Selamat atas amanah yang baru yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat, segera lakukan penyesuaian, pastikan pembangunan di daerah ini berjalan dengan baik. Selanjutnya mari sinkronkan program desa dan kabupaten. Desa adalah ujung tombak pembangunan di derah ini,” ucap Bupati.

Lanjut Bupati, untuk bisa mewujukan semuanya itu, Visi dan Misi Desa harus sinkron dan sejalan  dengan Visi dan Misi  di Kabupaten, sehingga keberhasilan pembangunan yang ada  bisa direalisasikan dengan baik nantinya.

“Kabupaten bisa maju, jika desanya maju. Kabupaten bisa sehat,  jika desanya sehat, dan Kabupaten bisa sejahtera jika desanya sejahtera,” kata, dr Delis.

Delis menambahkan, untuk bisa mengelola  tata  Pemerintahan dan Keuangan di Desa yang baik, pihaknya juga bakal menugaskan Inspektur Inspektorat Morut, untuk  dapat berkordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH), baik  Polres Morut maupun Cabjari Kolonodale, agar bisa  mengagendakan kegiatan pembekalan bagi para Kades, sekaitan dengan  tata pengelolaan keuangan diDesanya. Sehingga kedepannya diharapkan,  tidak ada lagi para Kades,  yang terpaksa harus bersentuhan dengan persoalan hukum.

“Atas nama Pemda Morut, kami mengucapkan selamat atas dilantiknya saudara sebagai Kades definitif. Silakan bekerja dengan  maksimal dan penuh dedikasi. Karena keberhasilan pembangunan yang ada di Morut, ditentukan juga dengan keberhasilan pembangunan yang ada didesa,” ujarnya.

Bupati  juga berpesan kepada para istri Kepala Desa atau Ketua PKK Desa untuk ikut aktif mengawal mendampingi membantu suami sebagai kepala desa untuk membangun di desa. Sebab katanya dibalik kehebatan seorang suami, ada istri yang luar biasa mendukung di belakang.

“Kami minta para istri, PKK desa bisa ikut aktif mengawal pembangunan di desanya,” pinta Bupati Delis mengakhiri. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here