Ratusan Warga Tentena Gelar Aksi Damai Minta Masalah Poso Energy Dituntaskan

0
124
Foto: Ratusan warga Tentena yang tergabung dalam PKPDP dan Komunitas Masyarakat Sangle saat menggelar aksi damai di Tentena, Senin (29/11) (Ist)

TENTENA, POSONEWS – Tidak kurang dari seratusan massa yang gabungan dalam Perkumpulan Kelompok Perempuan Damai Poso (PKPDP), dan  Komunitas Masyarakat Sangele yang pro pembangunan di wilayah Tentena, menggelar aksi damai di 5 (lima) lokasi berbeda di Kota Tentena, Senin (29/11/2021).

Aksi dilakukan guna menyuarakan sejumlah aspirasi terkait pembangunan dan penyelesaian permasalahan antara PT. Poso Energy dengan kelompok kelompok masyarakat. Aksi mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian dari Polsek Tentena yang dibackup oleh puluhan personil Polres Poso.

Dalam aspirasinya yang dibacakan Lily Worang, PKPDP menyatakan mendukung agar persoalan di sekeliling Danau Poso antara masyarakat dan Poso Energy diselesaikan secara damai. Untuk itu ia berharap Pemda Poso dapat menjadi penengah dalam penyelesaian permasalahan masyarakat dengan Poso Energy. Massa aksi juga menyuarakan dukungan terhadap pembangunan di Tentena dengan menjunjung tinggi adat dan memperhatikan kelestarian budaya, serta berharap Tentena bisa menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Poso.

Sementara komunitas masyarakat Sangele dalam aspirasi yang dibacakan oleh Amal Sandewa berharap segala bentuk unjuk rasa maupun kegiatan aspirasi lainnya, jangan dilaksanakan pada bulan Desember, mengingat akan menyambut Natal dan Tahun Baru.

Masyarakat Sangle juga menyuarakan bersama-sama Pemda Poso mendukung pembangunan di Tentena pada khususnya dan Kabupaten Poso pada umumnya, serta mendukung dan mendoakan pembangunan Taman Konservasi Dongi (Kompodongi) sebagai fasilitas umum dan Rumah Sakit Sinar kasih Tentena  sebagai fasilitas kesehatan yang lengkap di Tentena.

“Kami berharap aspirasi kami di dengar oleh banyak pihak, demi pembangunan di wilayah Tentena dan sekitarnya, serta kenyamanan semua masyarakat,” tegas Lily Worang dan Amal Sandewa. LEE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here