Peran Mahasiswa Poso Dalam Realisasi Nilai Sintuwu Maroso

0
125
Irsyad Abd.Raziq mahasiswa akhir di UIN Alauddin Makassar (Foto:IST).

POSONEWS.ID- Kabupaten Poso adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang kaya akan keragaman budaya suku dan agama, sehingga dibutuhkan suatu nilai yang mampu dijadikan pedoman dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.

Semboyan “Sintuwu Maroso” sudah akrab terdengar bagi masyarakat Poso, makna Sintuwu Maroso tidak saja bagi masyarakat sekitar dan bagi penyelanggara pemerintahan dalam kaitannya dengan upaya pelestarian nilai budaya tetapi juga bagi kehidupan setiap keluarga dalam masyarakat.

Sebagai suatu sistem nilai budaya yang mampu mempererat hubungan antar sesama warga, Sintuwu Maroso berfungsi menjadi pedoman atau pandangan hidup (falsafah hidup) baik dalam bentuk sikap mental maupun cara berpikir dan bertingkah
laku, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok masyarakat.

Sebagai sebuah kearifan lokal, “Sintuwu Maroso” memiliki nilai yang mengandung makna filosofis, seperti makna moralitas (hubungan antara sesama) dan makna keberlangsungan hidup agar terwujudnya kerharmonisan, persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sintuwu Maroso merupakan nilai yang seharusnya dijadikan alat pemersatu dikalangan masyarakat Poso.

Belajar dari konflik dimasa lalu, baiknya nilai ini dapat menjadi suatu pondasi yg kokoh sehingga kehidupan bermasyarakat di Tana Poso berjalan dengan damai, sehingga peran semua pihak akan menjadi sangat penting dalam merealisasikan nilai nilai ini.

Namun penulis lebih menitik beratkan peran Mahasiswa Poso sebagai kaum yang terpelajar seyogyangya mampu merealisasikan nilai nilai Sintuwu Maroso dalam keberlangsunganya berlembaga sebelum melangkah ke hehidupan bermasyarakat.

Mahasiswa sebagai kader penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Tana Poso baiknya mampu saling merangkul dan berkolaborasi tanpa mempertimbangkan suku, ras maupun agama. Sehingga benih-benih polarisasi yang merusak keberagaman dapat terkikis.

Dimulai dari hal kecil tadi, semangat “Sintuwu Maroso” kiranya dapat merasuk dihati dan sanubari teman-teman mahasiswa yang nantinya menjadi pemimpin-peminpin di Tana Poso sehingga nilai “Sintuwu Maroso” tidak hanya jadi motto semata tapi dijadikan pedoman dalam menjalankan aktifitas bermasyarakat.

Penulis: Irsyad Abd.Raziq

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here