BNPT Minta 6 DPO Poso Segera Menyerahkan Diri

0
175
Foto : Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar saat berdialog dengan salah seorang pengasuh Ponpes Walisongo Poso (Foto: Rusli)

POSO, POSONEWS – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar meminta agar ke enam orang DPO MIT Poso yang hingga kini masih bergerilya di seputaran kawasan hutan Gunung Biru dan wilayah Parigi Moutong dan Sigi, agar secepatnya menyerahkan diri.

Hal itu disampaikan Boy Rafli Amar kepada wartawan disela sela kunjungannya di Pondok Pesantren Walisongo Desa Sintuwu Lemba KM.9 Kecamatan Lage Kabupaten Poso Selasa (27/7/2021) saat memantau bhakti sosial pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang merupakan program kerjasama BNPT, Kemenkes, Pemkab Poso dan Ponpes Walisongo.

“Saya menghimbau agar DPO MIT Poso yang masih tersisa segera mehyerahkan diri. Karena bentuk kejahatan yang mereka lakukan, menggunakan kekerasan dengan senjata api adalah bentuk kejahatan yang sangat serius dan termasuk ketegori terorisme,” ujar Boy Rafli Amar.

Mantan kapolda Papua itu berharap agar seruan yang disampaikan didengar oleh para DPO. “Kalau ke 6 DPO itu mendengarkan hal ini sebaiknya secepatnya mereka menyerahkan diri kepada aparat keamanan. Karena kita tidak ingin generasi muda kita terlibat seperti apa yang dilakukan kelompok tersebut. Kita harus selamatkan generasi muda kita, agar jangan memberi dukungan terkait kegiatan terorisme,” pinta jenderal tiga bintang di pundak itu.

Komjen Boy juga kuatir jika warga masih terus terprovokasi terutama anak anak muda   oleh narasi yang dilakukan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) selama ini.

“Kita tidak ingin generasi muda kita terlibat seperti apa yang dilakukan kelompok tersebut. Kita harus selamatkan generasi muda kita, agar jangan dukung mendukung kegiatan teroris tersebut,” tambahnya.

Ia juga mengakui jika sinergisitas antara pihak OPS  Madago Raya dan BNPT terus terbina dan saling mendukung.  “Kemarin kami telah bertemu dengan pejabat operasi dari TNI dan Polri dan kami telah sepakat serta bertekad untuk terus melakukan langkah langkah hukum tegas dan objektif. Kami berharap secepatnya dapat melumpuhkan ke 6 sisa DPO tersebut,” imbuhnya.

Boy juga memberi apresiasi atas kinerja Ops Madago Raya yang baru saja berhasil melumpuhkan 3 orang yang merupakan bagian dari kelompok DPO Poso.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja Ops Madago Raya yang dalam sebulan terakhir berhasil melumpuhkan 3 DPO. Satgas telah melakukan banyak kemajuan untuk keamanan daerah ini khususnya di sekitar kawasan gunung biru. Sebab kita tidak inginkan kelompok ini melakukan teror di sekitar wilayah ini lagi,” tutupnya. LEE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here