Sekkab Syarif Resmi Dilantik

0
102
Suasana pelantikan Sekkab Touna

PosoNews.id, Touna- Bupati Tojo Unauna Moh. Lahay akhirnya melantik dan mengambil sumpah jabatan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Unauna Syarif M.Ap, Jumat (11/06), setelah sebelumnya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda menggantikan Sekda definitif Taslim DM Lasupu yang diberhentikan.

Pelantikan Pj Sekda yang juga Kepala BKD berlangsung di aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ini, menurut Moh. Lahay telah sesuai dengan mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku.

“Proses penetapan Pnejabat Sekertaris Daerah Pemda Touna, telah berdasarkan peraturan presiden nomor 3 tahun 2018,” ungkap Moh Lahay.

Pengangkatan Penjabat Sekda Touna ini, kata bupati dua periode itu, telah mendapatkan persetujuan Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

“Sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014, pasal 5 ayat 3 menegaskan masa jabatan Sekretaris Daerah paling lama 6 bulan tidak bisa melaksanakan tugas dan paling lama tiga bulan, dalam hal terjadi kekosongan,” urainya.

Pelantikan Penjabat Sekda ini menjadi penting karena Penjabat Sekda mempunyai tugas strategis. Yaitu membatu kepala daerah menyusun kebijakan dan pengorganisasian adminitratif.

“Saya berharap Penjabat Sekda dapat melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. Disamping itu juga penjabat Sekda harus dapat memastikan program-program Pemerintah Daerah Touna berjalan sesuai dengan perencanaan,” imbuhnya.

Dari beberapa regulasi bahwa kedudukan pejabat Sekda, jelasnya, memiliki kewenangan yang sama dengan jabatan definitif. Oleh karna itu kepada seluruh jajaran perangkat daerah serta pejabat pimpinan tinggi pratama untuk saling berkodinasi dalam pelaksanaan tugas.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here