Bupati Touna Ajak Warganya Bersama Bangun Daerah

0
97

PosoNews.id, Touna- Bupati Tojo Una una Mohammad Lahay mengajak kepada warga Touna tanpa terkecuali untuk bersama-sama bangun daerah.

“Kita sudahi segala perbedaan, mari kita saling berangkulan, merapatkan barisan demi menyongsong masa depan Tojo Una Una yang lebih baik lagi,” ungkap Bupati Touna saat memberi sambutan penyampaian pidato sebagai Bupati Tojo Una una hasil pemilihan Kepala daerah tahun 2020 diruang mimbar sidang utama DPRD Touna.

Seperti diketahui bersama, kata bupati dua periode itu jika pada hari Jumat tanggal 30 April 2021 pukul 09.30 wita telah dilantik Bupati dan Wakil Bupati Tojo Una Una untuk masa jabatan 2021-2024, menjadi signal bahwa perhelatan Pilkada telah selesai.

“Proses pelantikan yang telah dilaksanakan tidak seperti biasanya, saya bersama wakil bupati Tojo Unauna, dilantik secara langsung di gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, antusiasme masyarakat untuk secara bersama-sama menyaksikan, secara langsung moment yang sangat bersejarah karena proses tersebut menunjukan kemenangan demokrasi. Uaitu kemenangan rakyat Tojo Una Una tanpa terkecuali,” tambahnya.

Namun demikian sebagai wujud ketaatan terhadap penegakan protokol kesehatan Covid-19, kita harus menerima kondisi ini dengan lapang dada namun tidak menghilangkan makna dari kebersamaan kita untuk siap mengawal pembangunan di Tojo Una Una saat ini, dan masa yang akan datang.

“Tidak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada partai pengusung mulai dari tingkat DPD, DPC, PAC dan ranting, kepada para relawan maupun individu masyarakat yang mendoakan dan mempercayai kami, buah kemenangan yang kita raih hari ini adalah kemenangan kita semua seluruh masyarakat Kabupaten Tojo Una Una,” ujarnya.

Warga Touna, sambung dia, telah mampu menciptakan demokrasi yang sehat. Ini merupakan prestasi yang menggembirakan bagi warga, karena kedewasaan kita hari ini kita telah membuat catatan sejarah yang baik bagi generasi yang akan datang.

“Pada periode kepemimpinan kami yang kedua, tantangan pembangunan daerah periode perencanaan 2021-2026 kami telah merumuskannya ke dalam enam issu strategis. Yaitu status kabupaten tertinggal dan angka kemiskinan tinggi, kemampuan fiskal yang rendah dalam membiayai percepatan pembangunan daerah, aksebilitas wilayah sulit dan ketimpangan infrastruktur antara wilayah kepulauan dan daratan.

Termasuk kualitas sumber daya manusia dan daya saing yang rendah, belum optimal pengelolaan sektor unggulan. Khususnya pertanian, perikanan-kelautan,dan pariwisata dan belum optimal layanan publik pemerintahan daerah.

Disamping issue strategis visi dan misi 2021-2026 dan hasil evaluasi RPJMD 2016-2021, bupati juga sampaikan dua hal penting yang peru menjadi perhatian bersama. Yaitu pandemi Covid-19, dimana penanganan pandemic Covid-19 tetap menjadi prioritas.

“Sehingga saya mengajak kepada kita sekalian untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, ketat dan terus menjaga diri, keluarga dan kerabat serta secara bersama-sama kita terus mensosialisakan pentingnya protokol kesehatan bagi masyarakat luas,” jelasnya.

Olehnya, pelaksanaan vaksin Covid-19 akan terus dilaksanakan sesuai petunjuk dan aturan pemerintah.

“Mari kita terus berikhtiar secaea optimal dan terus berdoa agar pandemic Covid-19 segera berakhir, khususnya Kabupaten Tojo Una Una dan Indonesia pada umumnya,” imbuhnya.

Selain itu, percepatan pemulihan ekonomi daerah, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tojo Una Una tahun 2020 sebagai dampak pandemic Covid-19 berkontraksi sebesar minus 3,21%.

“Kondisi tersebut mengindikasikan perlunya upaya kita bersama untuk tetap terus mendorong pengembangan Trisula potensi ekonomi (Pertanian, perikanan-kelautan, pariwisata) dan UMKM. Guna mendukung upaya tersebut, saya mengajak kepada kita kita semua untuk mengupayakan masuknya investor ke daerah kita, melalui jaringan kita masing-masing,” urainya.

Masuknya investasi akan mendorong peningkatan lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here