Antisipasi Sebaran Covid, Pintu Masuk Desa Korowou Mulai Dijaga

0
258
Foto: Petugas relawan covid-19 mulai melakukan penjagaan di pintu masuk Desa Korowou Kecamatan Lembo untuk mengantisipasi penyebaran Covid terhadap warga yang keluar masuk wilayah tersebut (Foto:Samuel/PN)

MORUT, POSONEWS – Sejumlah relawan Covid mulai melakukan penjagaan di pintu masuk Desa Korowou Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

Penjagaan dilakukan di Pos yang berlokasi di batas desa oleh PPKM mikro secara bergantian, yang terbagi  dalam dua shif. Shif pagi dimulai dari pukul 06.00 wita hingga pukul 13.00 wita. Sedangkan shift siang sejak pukul 13.00 wita hingga pukul 21.00 wita.

Berdasarkan protokol Relawan Desa Lawan Covid-19 Kemendes PDTT, petugas Pos Jaga akan mendata dan memeriksa mobilisasi warga dan tamu, mendata dan memeriksa kondisi kesehatan warga yang keluar masuk desa, mendata dan memeriksa warga desa yang baru datang dari luar desa/luar daerah, dan menyemprotkan cairan disinfektan di wilayah Desa korowou. Warga yang didata terlebih dahulu diharuskan untuk cuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

Pendamping Desa Korowou Alpika Sirima yang juga  relawan menyampaikan bahwa pembentukan Pos Jaga ini bertujuan sebagai salah satu upaya Desa Korowou dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 yang belakangan mulai menunjukkan gejala peningkatan.

“Pandemi covid-19 harus kita sikapi dengan serius mengacu protokol kesehatan pemerintah. Pos Jaga Desa tujuannya untuk memantau warga desa atau luar daerah yang keluar masuk desa sesuai Protokol Kementerian Desa. Kepada warga yang keluar masuk ke Desa Korowou diminta agar berkenan didata oleh petugas Pos Jaga,” ujarnya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here