Poso Tuan Rumah Rakor Sinkronisasi dan Evaluasi Adwildapem se Sulteng

0
- Advertisement -

PosoNews.id, Poso – Kabupaten Poso menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi (Rakor) Sinkronisasi dan Evaluasi Program Biro Administrasi Wilayah dan Pemerintahan (Adwildapem) se Sulawesi Tengah (Sulteng), di era New Normal tahun anggaran 2020.

Rakor berlangsung, Rabu (11/11/2020) di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso dan dibuka oleh Gubernur Sulteng yang diwakili Bupati Poso, Arfan, M.Si serta diikuti Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Pjs Bupati Poso, Arfan M.Si menjelaskan, bahwa Rapat Koordinasi Biro Administrasi Wilayah Daerah dan Pemerintahan Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah ini, merupakan salah satu bentuk koordinasi teknis pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah.

Pjs Bupati Poso, Arfan M.Si

“Dalam menjalankan roda pemerintahan, tentunya harus didukung oleh semua komponen pemerintah yang terkait baik di Tingkat Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten dan Kota, untuk bersama-sama mewujudkan tujuan dari pembangunan itu sendiri demi sinergitas dan harmonisasi,” ujarnya.

- Advertisement -

Gubernur menekankan, tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah percepatan penataan batas daerah, baik itu batas Provinsi maupun batas Kabupaten dan Kota.

Gubernur menjelaskan, dengan belum adanya kejelasan batas daerah, akan menjadi potensi konflik baik konflik antar masyarakat maupun konflik antar daerah yang sudah sering terjadi.

Gubernur menyebutkan, lima segmen batas antar Provinsi, masih terdapat tiga segmen yang belum diselesaikan yaitu
Segmen Batas Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah dengan Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Segmen Batas Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo.
Segmen Batas Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah Dengan Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat.

Gubernur Sulawesi Tengah melalui Pjs Bupati Poso, Arfan mengharapkan, dengan dilaksanakannya Rakor ini, benar-benar menghasilkan rumusan kebijakan yang dapat diimplementasikan di lapangan oleh semua daerah Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tengah.

“Rapat Koordinasi diharapkan dapat mengakomodir semua kepentingan daerah Kabupaten dan Kota maupun provinsi. Disamping itu akan memunculkan pemahaman dan persepsi yang sama terhadap percepatan pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Tengah melalui sinkronisasi penyelenggaraan pemerintahan dalam mewujudkan Sulawesi Tengah Maju, mandiri dan berdaya saing,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Rapat, Plt Karo Administrasi Wilayah dan Pemerintahan Setda Provinsi Sulteng, Dahri Saleh dalam laporannya menjelaskan, maksud dari dilaksanakannya kegiatan rapat koordinasi ini adalah untuk mensinkronisasikan baik program-program Provinsi, program-program daerah untuk dilaksanakan bersama-sama di masa pandemi Seperti sekarang ini.

Selanjutnya kata Dahri, dalam Surat Keputusan Gubernur No. 107/439/120/ADWILDAPEM-6.ST/2020 Tentang Kecamatan Terbaik Hasil Evaluasi Kinerja Kecamatan se-Provinsi Sulawesi Tengah, yang dibacakan oleh Kasubag Fasilitasi Pengembangan Kawasan, Dahlia Nurdin menyebutkan beberapa daerah terbaik antara lain:

1.Bungku Tengah, Kabupaten Morowali,

2. Ampana Tete, Kabupaten TojoUna-una,

3. Nambo, Kabupaten Banggai.

4. Sawu, Kabupaten Parigi Moutong,

5. Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan,

6. Banawa, Kabupaten Donggala,

7. Gumbasa, Kabupaten Sigi

8. Poso Kota Utara, Kabupatrn Poso,

9. Lembo, Kabupaten.Morowali Utara,

10. Dakopamean, Kabupaten Tolitoli,

11. Tiloan, Kabupaten Buol,

12. Palu Selatan, Kota Palu,

13. Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut

Hadir pula dalam kegiatan tersebut seperti Kepala Biro Organisasi Sekretariat Provinsi Sulawesi Tengah, Andi Kamal, Para Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Sulawesi Tengah, Asisten Pemerintahan Kabupaten dan kota se-Provinsi Sulawesi Tengah, Camat se Sulawesi Tengah, Kepala-kepala OPD, Dan peserta lainnya. (*)

- Advertisement -