Forkopimda Donggala Tabur Bunga di Atas KAL Talise II.6-65

0
- Advertisement -

PosoNews.id, Morowali- Untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur, kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pgs Palaksa Mayor Laut (P) Aspiono Torohula mewakili Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Palu, Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E., M. Tr. Hanla melaksanakan Upacara Tabur Bunga di Kapal Angkatan Laut (KAL) Talise II.6-65 yang bernaung di bawah Pangkalan TNI AL VI Makassar. Selasa (10/11/2020).

Upacara juga ikut dihadiri oleh Bupati Donggala Drs. H. Kasman Lasa, S.H., M.H. Wakil Bupati Donggala, Moh. Yasin, S. Sos, Danlanal Palu diwakili Pasintel Lanal Palu Mayor Laut (P) Aspiono Torohula, Dandim 1306/Donggala diwakili Danramil 1306-06/Banawa Kapten Inf Alimin, Kapolres Donggala AKBP Wawan Sunarwirawan, S.H., Ketua DPRD Kab. Donggala, Takwin, S. Sos. I., Kepala Kejaksaan Negeri Donggala, Yuyun Wahyudi, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Donggala Mohammad Sandi Iramaya, S.H., Kepala KSOP Kelas II Teluk Palu Kolonel Marinir Abdul Rahman LP., serta pejabat Forkopimda Kabupaten Donggala.

Sebelum melaksanakan tabur bunga, terlebih dahulu seluruh hadirin melaksanakan Upacara Hari Pahlawan di Dermaga Kabupaten Donggala dengan Irup Bupati Donggala Drs. H. Kasman Lasa, S.H., M.H., yang dihadiri anggota Forkopimda Kabupaten Donggala.

Seusai upacara, dilanjut dengan acara Tabur Bunga di perairan Teluk Palu yang diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Donggala yang dilaksanakan di atas KAL TALISE II.6-65.

- Advertisement -

Diacara terpisah hal tersebut di Sampaikan Pgs. Palaksa sesuai arahan Danlanal Palu Bahwa “Peringatan Hari Pahlawan yang dilakukan dengan tabur bunga di laut sebagai bentuk penghormatan dan terima kasih kami sebagai anak bangsa atas jasa-jasa para pahlawan di masa lalu. Dan tabur bunga merupakan tradisi yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan,” ucapnya.

Selain itu lanjutnya, hal ini untuk menghormati para Pahlawan Nelayan yang meninggal di tengah laut dalam rangka mencari nafkah untuk keluarga, begitu pula para penumpang pesawat yang telah mengalami kecelakaan kemudian hilang di tengah laut.

Hal senada juga disampaikan Laksda TNI I NG Sudihartawan pada Upacara Hari Pahlawan bahwa “Tabur bunga merupakan tradisi sekaligus simbol yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Dan yang terpenting sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, kita wajib terus mewarisi semangat dan nilai-nilai kejuangan yang telah diberikan para pahlawan yang telah mendahului,” ujar Pangkoarmada II dalam sambutannya.

“Semoga di Hari Pahlawan kali ini mampu menciptakan kebersamaan dengan segala komponen masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dan menjadikan bangsa Indonesia lebih maju, adil dan makmur seperti yang dicita-citakan para pahlawan pendahulu bangsa ini. Juga segera bisa terlepas dari pandemi Covid-19,” pungkasnya. (DRM)

- Advertisement -