Kasus Covid-19 di Touna Bertambah

0
- Advertisement -

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una, Taufan H.Tandri. Foto : RAHMAN

PosoNews.id, Touna – Jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), kembali bertambah.

Berdasarkan data surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una, tercatat pada 10 Nopember 2020, terdapat dua ketambahan pasien positif, sehingga total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini menjadi lima orang.

- Advertisement -

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una, Taufan H.Tandri menjelaskan, perkembangan kasus Coronavirus disease (Covid-19) di daerah ini mengalami kenaikan signifikan, sehingga diperlukan kesadaran masyarakat dalam mencegah penularan dan penanganan dengan penerapan protokol kesehatan cukup ketat dalam aktifitas keseharian.

Taufan menyebutkan, data pemantauan perkembangan kasus di Kabupaten Tojo Una-Una, konfirmasi/positif total sebanyak 9 kasus, suspek 204 orang, Discarded 291 orang, Probable (0)kasus, kontak erat 160 orang, sembuh 4 orang dan jumlah pengambilan /pemeriksaan swab test 320 orang.

Taufan mengatakan, sesuai hasil rilis Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah, 5 November 2020 dan berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas 1 Makassar, Nomor : 03.01/3/2717/2020 tanggal 04 November 2020, Kabupaten Tojo Una-Una ada penambahan satu kasus konfirmasi positif sebanyak 1 orang yaitu inisial EL (53) warga Desa Popolii Kecamatan Walea Kepulauan.

“Konfirmasi Covid-19 inisial EL dilakukan pengambilan specimen swab pada tanggal 24 Oktober 2020 dan keluar hasil positif pada tanggal 4 November 2020,” ujarnya, saat konferensi pers, Selasa (10/11/2020) di Aula Dinkes Touna.

Selain itu kata Taufan, berdasarkan hasil penyelidikan/tracing epidemiologi oleh petugas surveilans, bahwa kemungkinan besar pasien konfirmasi positif inisial EL, kontak erat dengan rombongan dari Kota Palu ynag melakukan kunjungan ke Kabupaten Tojo Una-Una dalam rangka misi kampanye yang telah terinfeksi Covid-19.

“Berdasarkan hasil tracing sememtara telah teridentifikasi sebanyak 94 orang kontak erat yang tersebar di Desa Popolii sebanyak 84 kontak, Uentanaga Atas sebanyk 6 kontak dan Desa Sansarino 5 kontak dan telah dilakukan pengambilan swab test untuk diketahui status infeksi Covid-19 dan pasien konfirmasi,” paparnya.

Taufan menambahkan, berdasarkan surta UPT laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah nomor : 800/416/TU.Labkes-Diskes tanggal 9 November 2020, ada penambahan kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak satu orang yaitu inisial Tn. SR (57), merupakan warga Kelurahan Uemalingku Kecamatan Ratolindo.

“Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi oleh petugas surveilans, Tn.SR kemungkinan besar terinveksi dari rombongan Kota Palu yang berkunjung ke Kabupaten Tojo Una-una,” katanya.

Taufan juga menyebutkan, kondisi pasien inisial Nn.NY yang dinyatakan positif konfirmasi Covid-19 pada 19 Oktober 2020 lalu, berdasarkan hasil Laboratorium Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan Penyakit Kelas 1 Makassar Nomor :PM.03.01/3/2717/2020 tanggal 4 November 2020, yang diperiksa dengan metode PCR, hasilnya telah dirilis dengan status Negatif dan dinyatakan sembuh.

“10 orang lainnya yang kontak erat dengan imisial NY yang dilakukan pemeriksaan swab juga dinyatakan negatif,” tandasnya. (RHM)

- Advertisement -