Desa Towu Lakukan Padat Karya Buat Jalan Kantong Produksi

0
- Advertisement -

PosoNews.id, Towu- Kemakmuran sebuah desa dibidang ekonomi tidak lepas dari peranserta pemerintah desa (pemdes) dalam mendukung infrasturuktur diwilayah desa sehingga akses perekonomian bisa berjalan secara berkelanjutan.

Kepala Desa Towu, Zainal Abidin menuturkan, bahwa dalam mendukung hal itu Pemdes tentunya berusaha semaksimal mungkin membuka akses ekonomi masyarakat seperti melakukan padat karya di desa.

Contoh yang dilakukan Desa Towu, lanjut Kades, yakni membuka jalan kantong produksi usaha tani. “Seperti yang pernah kami lakukan di desa ini yaitu, pembukaan jalan kantong produksi sepanjang 350 meter dan pemasanga rabat beton,” terangnya.

Hal itu tentunya, kata Zainal, bertujuan agar jalan kantong produksi yang sudah di buat itu tidak licin untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat oleh para petani maupun para pekebun. Sehingga aktivitas yang dilakukan tidak terkendala.

- Advertisement -

Dilanjutkannya, melihat hasil bumi yang paling mendukung perekonomian di Desa Towu adalah pertanian dan perkebunan, maka atas dasar itulah Pemdes terus berupaya memberikan fasilitas kepada masyarakat.

“Kami memberikan fasilitas yang terbaik bagi masyarakat agar mereka lebih mudah untuk menjual hasil pertaniannya,” ujarnya.

Kedepannya, tambah Kades, Pemdes Towu akan membuka usaha pengelolaan air minum yang anggarannya bersumber dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Karena, diwilayah kami ini ada salah satu mata air alami yang sangat jernih dapat dijadikan usaha desa termasuk juga pendapatan desa. Atas dasar itulah kami akan membuka usha tersebut,” jelasnya. (ARS).

- Advertisement -