PPID dan PPIDP se Sulteng Gelar Rakor di Touna

0
- Advertisement -

Gubernur Sulteng, H.Longki Djanggola memberikan sambutan pada kegiatan Rakor PPID dan PPID Pembantu Se Sulteng yang diselenggarakn Biro Humas dan Protokol Sekretariat Pemprov Sulteng, Kamis (5/11/2020) di Marina Cottage Ampana Kabupaten Tojo Una-Una. Foto : Rahman

PosoNews.id, Touna – Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
(PPID) dan PPID Pembantu se Sulteng di Kota Ampana Kabupaten Tojo Una-Una (Touna).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan penyerahan fungsi dan tugas PPID Utama dari Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng kepada Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo), Persandian dan Statistik Pemprov Sulteng, berlangsung Kamis (5/11/2020) di Aula Pertemuan Marina Cottage Ampana dan dibuka Gubernur Sulteng, H.Longki Djanggola.

- Advertisement -

Gubernur Sulteng, H.Longki Djanggola dalam sambutannya mengatakan, salah satu tujuan dari rakor ini adalah untuk melakukan identifikasi permasalahan dan memonitor kualitas penyelenggaraan pelayanan informasi dan dokumentasi yang dilakukan para PPID dan PPID Pembantu di wilayah kerja masing-masing seraya mencari solusi terbaik atas permasalahan dan tantangan yang terjadi.

Selain itu kata Gubernur Sulteng, penyerahan tugas dan fungsi PPID Utama dari Biro Humas dan Protokol kepada Dinas Kominfo merupakan amanah dari surat mendagri nomor 046/218/Bangda tanggal 17 Januari tahun 2019 tentang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah bidang komunikasi dan informatika khususnya pada angka satu yang mengisyaratkan agar tugas dan wewenang PPID yang merupakan salah satu urusan komunikasi dan informatika pada perangkat daerah yang sebelumnya berada di Biro Humas dan Protokol Sekretariat Pemprov dikembalikan ke Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik.

“Bagi pemerintah kabupaten dan kota yang belum melaksanakan peralihan PPID dan PPID Pembantu ke Kominfo sesegera mungkin melakukannnya sesui amanat surat mendagri tersebut,” pinta Longki.

Gubernur Sulteng.H.Longki Djanggola

Gubernur juga berharap kepada Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik dapat melaksanakan dengan sebaik baiknya tugas dan wewenang yang baru tersebut terutama dalam meningkatkan hunungan koordinasi dan pembinaa yang linear kepada seluruh PPID dan PPID Pembantu se Sulteng.

“Kominfo juga sesegera mungkin melakukan sosialisasi atas perubahan tersrbut kepada seluruh stakeholder baik tingkat daerah maupun tingkat pusat dan OPD dilingkup Pemprov Sulteng,” ujarnya.

Gubernur menegaskan, di era paradigma baru pemerintahan dari good governance ke open governance khususnya pada masa pandemi covid-19 dan Pilkada Serentak, keberadaan PPID dan PPID Pembantu sangat krusial dan strategis untuk bisa membantu mitigasi Covid-19 dan meningkatkan sinergitas dengan unsur-unsur panitia penyelenggara dalam rangka mengantisipasi potensi kerawanan dan keamanan menjelang Pilkada Serentak di Sulteng, 9 Desember 2020 mendatang.

” Seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota harus melengkapi dan meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana komunikasi dan Informatika , karena hal ini sangat penting mengingat saat ini di masa pandemi Covid-19, hampir seluruh kegiatan di daerah ini dilakukan secara teknologi dan digital,” ujarnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Touna, Datu Pamusu Tombolotutu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulteng, yang telah menjadikan Kabupaten Touna sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Rakor PPID dan PPID Pembantu se Sulteng.

“Penghargaan setinggi tingginya kami berikan kepada Gubernur Sulteng, H.Longki Djanggola yang telah memilih daerah kami sebagai tempat kegiatan rakor ini dan semoga berkesan selama berada di daerah ini,” ujar Pjs Bupati Touna.

Pjs Bupati Touna, Datu Pamusu Tombolotutu

Sebelumnya, Kabag Humas, Penerangan dan Publikasi Biro Humas dan Protokol Pemrov Sulteng, Adiman selaku Ketua Panitia Kegiatan melaporkan, kegiatan ini diikuti PPID dan PPID Pembantu yang ada di 13 Kabupaten dan kota di Sulteng, Dinas Kominfo se Sulteng serta OPD terkait.

“Peserta yang rencananya hanya diikuti 100 orang peserta namun animo dari teman teman di sejumlah instansi termasuk dari Kominfo untuk mengikuti kegiatan ini maka jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini melebihi yang direncanakan,” sebutnya.

Kabag Humas, Penerangan dan Publikasi Biro Humas dan Protokol Pemrov Sulteng, Adiman selaku Ketua Panitia Kegiatan

Kegiatan ini dihadiri Pjs Bupati Touna, Datu Pamusu Tombolotutu, sejumlah pejabat dilingkup Pemprov Sulteng, Perwakilan DPRD Provinsi Sulteng, Forkopimda Kabupaten Touna, pimpinan OPD baik di Sulteng maupun di Touna. (RHM)

- Advertisement -