Dinkes Touna Optimalkan Pemanfaatan Dana Covid-19

0
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Touna, Jafanet Alfari
- Advertisement -

POSONEWS, Touna – Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) bersama Puskesmas yang ada di kecamatan, RSUD Ampana dan RSU Wakai mengoptimalkan pemanfaatan dana Covid-19, dalam upaya pencegahan penyebaran coronavirus disease 2019 di daerah ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Touna, Jafanet Alfari menyebutkan, dalam memanfaatkan dana Covid-19, pihaknya secara optimal memanfaatkan dana tersebut dalam upaya penanganan corona virus di daerah ini.

Jafanet merinci, dari total dana Covid-19 yang tersedia di Kabupaten Touna, pihaknya mendapat sebesar Rp 2 miliar lebih yang dibagi kesejumlah Puskesmas yang tersebar di daerah ini. Selain Dinkes dan jajarannya, RSUD Ampana juga mendapat Rp 2 miliar untuk keperluannya serta RSU Wakai mendapat Rp 750 juta lebih.

“Secara keseluruhan untuk sektor kesehatan mendapat dana Covid-19 sebesar hampir Rp. 6 miliar,” ujarnya.

- Advertisement -

Dan sebesar itu kata Jafanet dipergunakan masing-masing sesuai kebutuhannya, seperti di Dinkes Touna dibelanjakan untuk pembelian alat pelindung diri (APD), handsanitizer, shellface, baju hazmat dan perlengkapan kesehatan lainnya serta kebutuhan operasional seperti insentif tenaga medis dan lainnya serta kegiatan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kita berupaya mengoptimalkan dana yang ada sesuai kebutuhannya sehingga pemanfaatannya benar-benar sesuai sasaran,” sebutnya.

Dia berharap, dengan optimalnya kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah ini, tingkat kasus Covid-19 dapat diminimalisir sedini mungkin dan menjadikan Kabupaten Tojo Una-una tetap berada di Zona Aman.

Kadis menghimbau, agar masryarakat tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 seperti memakai masker saat beraktifitas di luar rumah, mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, menjaga jarak dengan orang lain, tidak berkerumun serta tidak melakukan perjalanan ke lura daerah jika tidak mendesak.

“Sebaiknya tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak, memakai masker saat beraktifitas di luar rumah, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, jaga jarak, tidak berkerumun serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan makan buah,” tandasnya.  (RHM)      

- Advertisement -