Meski Dalam Situasi Pandemi Covid, Pemkab Touna Tetap Merayakan HUT RI Ke-75

0
- Advertisement -

POSONEWS, Touna – Upacara peringatan HUT RI Ke 75 di Kabupaten Tojo Unauna, tetap berjalan hikmat meski dilaksanakan diengah masa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Pemda Touna menggelar upacara HUT RI di halaman kantor bupati Touna, Senin (17/8/2020)

Bupati Touna Muhammad Lahay selaku pembina upacara, pada sambutanya mengatakan, bahwa hari ini adalah hari dimana Republik Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan ke 75.

Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, sebagai bangsa dan negara  kesatuan RI dapat mengikuti peringatan HUT RI ke 75.

- Advertisement -

“Untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas kejuangan dan perjuangan para pahlawan kesuma bangsa dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan,” katanya.

Peringatan detik-detik proklamasi adalah  bentuk nyata bhakti rakyat kepada bangsa ini, sebagai peringatan peristiwa monumental bagi bangsa Indonesia untuk merdeka.

Sebagai refleksi usia 75 tahun RI ini, dia sampaikan bahwa berkat dukungan seluruh elemen masyarakat. Sehingga ditahun 2020 ini Kabupaten Tojo Una Una meraih capaian yang membanggakan dan penghargaan.

“Pada kesempatan ini saya, mengutip poin penting pidato presiden RI pada tanggal 14 Agustus 2020 beberapa hari lalu, yakni sebanyak 215 negara tanpa terkecuali sedang menghadapi masa sulit diterpa masa pandemi Covid-19,” katanya.

Dalam catatan WHO sampai dengan tanggal 13 Agustus 2020 terdapat lebih dari 20 juta kasus. Di dunia, dengan jumlah kematian di dunia sebanyak 737 ribu jiwa.

Semua negara baik negara miskin, maju dan negara berkembang semuanya mengalami kemuduran karena terpapar Covid 19.

“Bahwa kita adalah bangsa yang besar dan Daerah Kabupaten Tojo Una Una ini di karuniai kekayaan dan kebergaman, dimana potensi ini harus kita jaga dengan sepenuh hati kita kelola dengan nurani, pikiran dan tindakan serta etika suci demi berkibarnya panji panji ibu pertiwi,” urainya.

Sesuai dengan tema peringatan HUT RI ke 75  dengan teman besar ‘ndonesia Maju.’ Mari kita berdayakan semua potensi yang ada untuk kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bersama.

“Kemudian dalam mengahadapi Covid -19 ini mari kita bergotong royong semoga kita bisa melalui Covid- 19 dan merdeka dari virus corona,” tutupnya.(CAN).

- Advertisement -