Destinasi Wisata “Ntahi Konde” di Morut Resmi Digunakan

0
806
Bupati Morowali Utara, Moh. Asrar Abd. Samad, Rabu (29/7/2020) melepas bibit ikan di areal kawasan destinasi Ntahi Konde di Desa Tabarano Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morut, Sulteng. FOTO : DOK KOMINFO MORUT

POSONEWS,Poso – Destinasi Wisata “Ntahi Konde” yang terletak di Desa Tabarano Kecamatan Mori Utara, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah (Sulteng) diresmikan penggunaannya.

Peresmian tersebut dilakukan Bupati Morowali Utara, Moh. Asrar Abd. Samad, Rabu (29/7/2020).

Selain meresmikan, Bupati Morut Moh. Asrar Abd meninjau keberadaan Destinasi wisata “Ntahi Konde” salah satu wisata bahari tempat pemancingan ikan mas dan mujair yang menjadi kebanggaan masyarakat Desa Tabarano Kecamatan Mori Utara.

Bupati Morut juga meresmikan pengoperasian Koperasi Serba Usaha “Berkat Mitra Mandiri” Desa Tabarano Kecamatan Mori Utara serta “Mitra Molio’a Mandiri” Desa Tomata Kecamatan Mori Atas.

Kepala Desa Tabarano Yan Benhart Tudon dalam laporannya mengatakan destinasi wisata ini masih banyak kekurangan, namun pihaknya yakin keberpihakan Pemerintah Kabupaten Morut, akan memberikan semangat buat masyarakat Desa Tabarano sehingga pengelolaan destinasi wisata ini akan membuka lapangan kerja dan Pendapatan Asli Desa.

Bupati Morowali Utara, Moh. Asrar Abd. Samad, Rabu (29/7/2020) saat memberikan sambutan dikegiatan peresmian Destinasi Wisata bahari Ntahi Kende Desa tabarano Kecamatan Mori Utara. FOTO : DOK KOMINFO MORUT

Pemkab Morut melalui Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Chester Tumimomor telah memberikan bantuan 2000 ekor bibit ikan mujair yang langsung dilepas ke dalam kolam oleh Bupati, dengan taksasi.

“Permeter kolam hanya bisa menampung 20 ekor ikan mujair.” Ucap chester.

Pada kesempatan itu, Bupati Asrar juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako kepada warga yang terdampak covid 19 di Desa Tabarano, BLT-DD, serta penyerahan bantuan dari Dinas Pertanian melalui plt. Kadis DR. Najamudin Atong, berupa bibit padi, bibit pohon lindung, bibit pohon durian, herbisida dan pupuk organik cair kepada para kelompok tani.

Resmikan Dua KSU

Sebelumnya, Bupati dan Kadis Kumperindag Ir. Ridwan Nonci juga meresmikan Koperasi Serba Usaha “Berkat Mitra Mandiri” Desa Tabarano yang lokasinya tidak jauh dari tempat destinasi wisata “Ntahi Konde”, dan Koperasi Serba Usaha “Mitra Molio’a Mandiri” Desa Tomata, Kecamatan Mori Atas.

Dalam sambutannya, Bupati Asrar memberikan bantuan kepada masing-masing KSU sebesar 20 juta rupiah.

“secara pribadi saya memberikan bantuan 20 juta per KSU, saya harap Pemerintah Kecamatan bahkan sampai ke Desa untuk saling koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten agar komunikasinya lebih baik, saya juga akan mensupport semua inovasi yang dilakukan oleh desa dan saya tunggu gebrakan lainnya yang dilakukan oleh masing-masing desa,” pungkasnya.

Adapun Visi Misi kedua KSU tersebut adalah menghimpun dana dari anggota dalam bentuk simpanan sebagai modal untuk menyelenggarakan berbagai usaha dalam bidang perdagangan dan simpan pinjam yang dikelola secara mandiri, profesional, berkualitas dan transparan, dengan Motto Bersama, Berkembang, Sejahtera.

Bupati Morowali Utara, Moh. Asrar Abd. Samad, Rabu (29/7/2020) saat meresmikan dua Koperasi Serba Usaha di wilayahnya yang ditandai dengan pengguntingan pita. FOTO : DOK KOMINFO MORUT

Ketua KSU Berkat Mitra Mandiri, Fita Gustiani dan Kepala Desa mewakili seluruh masyarakat Tabarano sebagai bentuk kepedulian Pemkab kepada warga masyarakat khususnya diwilayah desa Tabarano.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua TP-PKK Kabupaten Morut Ny. Farida Istiqamah, Asisten I dan Asisten II setkab Morut, para Pimpinan Perangkat Daerah, Kepala Bank Sulteng Alan Fajrin, Camat Mori Utara dan Camat Mori Atas, Unsur Tripika Kecamatan Mori Utara dan Mori Atas, para Kepala Desa se-Kecamatan Mori Utara serta warga masyarakat Mori Utara. (CHEM/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here