Mahasiswi UII Jogja Asal Morowali Sampaikan Pentingnya Bela Negara Di Masa New Normal

0

Penulis: Silvanah

POSONEWS – Mahasiswi Universitas Islam Indonesia (UII), Silvanah, asal Desa Sakita, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali menyalurkan tulisannya bertajuk Perlunya Kesadaran Bela Negara dan Pendidikan Kewarganegaraan di Tengah Pandemi COVID-19.

Ia menyampaikan, bahwa pada saat ini telah memasuki era adaptasi kebiasaan baru (New Normal). Merebaknya COVID-19 di Indonesia membuat kondisi saat ini sangat memprihatinkan. Namun hal itu tidak membuat kita lupa untuk tetap menjaga keutuhan bangsa kita di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Dalam situasi saat ini, kesadaran sangat diperlukan untuk memperkokoh ketahanan mental kita. Hal yang perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan bangsa di tengah pandemi COVID-19 adalah dengan melakukan kegiatan bela negara dan memperkuat pendidikan kewarganegaraan. Ancaman COVID-19 membutuhkan penguatan pendidikan kewarganegaraan dan bela negara dalam menghadapi kepanikan di tengah masyarakat.

Pendidikan kewarganegaraan dan bela negara merupakan suatu instrumen penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam kasus-kasus sosial dilingkungan masyarakat dan global, pendidikan kewarganegaraan dan bela negara menjadi acuan dan menjadi tolak ukur dalam menghadapi kasus-kasus sosial berbangsa dan bernegara, salah satunya yang sedang terjadi sekarang ini adalah pandemi COVID-19.

Pendidikan kewarganegaraan diperlukan untuk memberikan pemahaman terhadap rasa cinta tanah air, menjadi warga masyarakat yang memiliki daya saing, berdisiplin, mengenal nilai-nilai luhur Indonesia, dan ikut berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.

Selain itu, saat ini bela negara bukan hanya sebagai alat apabila negara dan bangsa menghadapi ancaman, tetapi juga bisa menjadi alat untuk mencapai tujuan nasional bangsa. Bela negara dibarengi dengan pengetahuan tentang pendidikan kewarganegaraan yang didasarkan pada kecintaan berbangsa dan bernegara.

Kesadaran bela negara di masa pandemi COVID-19 sekarang ini bisa dilakukan dengan cara bekerja sama, bahu membahu dalam menaati anturan dari pemerintah; mengikuti protokol kesehatan dengan cara menjaga kebersihan diri dan keluarga; menghindari berita hoax, patuh dalam ber-social distancing; Dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 serta tindakan bela negara lainnya yang dapat menjaga keberlangsungan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini.(**)

- Advertisement -