Capai Realisasi NPHD Pilkada dan Zero Covid, Mendagri Apresiasi Pemda Touna

0
135

POSONEWS, Touna – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepada Pemda Tojo Unauna, yang sudah tinggi realisasi Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada serentak.

Seraya berharap, agar Pemda lain di Sulteng, segera mempercepat realisasi NPHD karena sangat esensi mendukung kerja KPUD, Bawaslu dan keamanan.

Hal itu dikatakan mantan Kapolri, Jum’at (17/7/2020) dalam rapar koordinasi diruang Polibu, Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, di Palu.

Hadir dalam rapat seluruh kepala daerah di Sulteng, termasuk Bupati Tojo Una Una Mohammad Lahay.

Rapat koordinasi dalam rangka Pemantapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 dan Penanganan Pandemi Covid-19.

Rapat koordinasi tersebut dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, dan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Muhamad Tito Karnavian.

Turut mendampingi Mendagri adalah Plt. Dirjen Politik Pemerintahan Umum Bahtiar, Dirjen Kependudukan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh, Plt. Dirjen Bina Keuangan Daerah Mochamad Ardian Noevrianto, Plt. Dirjen Bina Adminstrasi Kewilayahan Safrizal, dan Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik.

Hadir Gubernur dan wakil Gubernur, Kapolda dan Wakapolda Sulteng, Ketua KPU Sulteng, Ketua Bawaslu Sulteng,13 Bupati-Walikota se-Sulteng, Kajati Sulteng, Kapolresta Palu, Danrem 132 Tadulako Kota Palu.

Wakil Gubernur dalam Laporannya menyampaikan, terkait data realisasi NPHD Kabupaten/Kota dan Provinsi Sulawesi Tengah.

Wakil Gubernur juga melaporkan bahwa Sulawesi Tengah kini jadi satu dari 5 provinsi, sesuai data gugus tugas nasional dengan tingkat penyembuhan lebih dari 85%.

Bahkan dari update terakhir per 16 Juli 2020, menunjukkan dari 195 kasus positif, sebanyak 175 pasien dinyatakan sembuh (89,78%) dan 6 pasien meninggal (3,08%).

Dan masih bertahan Kabupaten Tojo Una Una pada Zona Hijau atau Zero Kasus Covid.-19.

Sementara Mendagri Tito Karnavian mengatakan, dengan kondisi wabah yang belum berakhir ini, dapat diangkat jadi isu strategis oleh para kandidat kepala daerah untuk adu gagasan bagaimana menangani Vovid-19 dan memulihkan ekonomi.

Terkait new normal, Mendagri mengatakan masyarakat harus membiasakan diri pada 4 hal krusial. Yaitu pertama, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer bila tidak ada sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Pada kesempatan itu, Mendagri Tito meluncurkan anjungan Dukcapil mandiri bagi Pemkot Palu yang dijadikan percontohan serta penyerahan simbolis masker dan buku manajemen penanganan Covid-19, kepada gubernur dan bupati/walikota se- Sulteng. (Prokopim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here